kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

MarkPlus Tourism: Akan ada perubahan prilaku wisatawan setelah pandemi corona


Senin, 20 April 2020 / 13:26 WIB
MarkPlus Tourism: Akan ada perubahan prilaku wisatawan setelah pandemi corona
ILUSTRASI. Petugas dengan traktor meminta wisatawan untuk meninggalkan kawasan pantai saat melakukan patroli di Pantai Kedonganan, Badung, Bali, Rabu (15/4/2020). Meskipun objek wisata tersebut telah ditutup sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19, namun sejuml


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebelum covid-19, destinasi seperti Venezia, Barcelona, sampai Amsterdam mengalami over-tourism. Saking banyaknya, penduduk setempat memprotes kehadiran wisatawan karena dampak negatifnya kepada lingkungan. Namun yang kini terjadi sebaliknya.

World Tourism Organization (UNWTO) memprediksi jumlah wisatawan internasional menurun antara 20% sampai 30% sepanjang 2020. Ini bisa berdampak pada potensi kerugian mencapai 300 sampai US$ 400 miliar.

Baca Juga: Melihat nasib emiten pariwisata di tengah pandemi corona

Sejauh ini kawasan Asia Pasific yang paling terdampak, turun 9% sampai 12% kedatangan wisatawan mancanegara dari prediksi pertumbuhan 5% sampai 6% di Januari 2020.

"Sedangkan menurut The International Air Transport Association (IATA), potensi hilangnya pendapatan dari industri penerbangan global berkisar 63 miliar USD jika skenario COVID-19 tertangani cepat. Namun jika terus menyebar, kerugiannya diprediksi mencapai US$ 113 miliar," ujar Executive Director MarkPlus Tourism Mochamad Nalendra dalam siaran resmi, Minggu (19/4).

Nalendra melihat akan ada perubahan perilaku atau behavior wisatawan berdasarkan beberapa skenario, terutama setelah fase outbreak atau menyebarnya COVID-19. Skenario pertama atau disebut A (New Normal) ketika penambahan kasus baru berkurang karena sistem mitigasi sudah berjalan efektif di banyak negara walau vaksin belum ditemukan.

Ini menyebabkan turis masih merasa berisiko berwisata sehingga perjalanan pun sifatnya domestik atau terbatas dalam kota alias staycation.

Seperti yang diperlihatkan perusahaan booking engine Sojern pada Maret 2019 dan 2020. Di mana tahun ini warga Singapura yang mencari referensi hotel untuk staycation jumlahnya dua kali lipat dibanding 2019. Kekhawatiran akan terjadinya gelombang kedua covid-19 juga menjadi penyebab, apalagi masih saja ada penambahan kasus baru di China.

"Dan yang akan mengambil risiko untuk berwisata di fase ini adalah generasi Y dan Z. Mereka lebih berani ambil risiko dibanding generasi X dan baby boomers. Skenario lain adalah skenario B (early euphoria) terjadi ketika jumlah kasus baru relatif tinggi dan di saat bersamaan vaksin COVID-19 ditemukan. Booking hotel sampai paket wisata akan meningkat tajam. Tidak ada salahnya pelaku pariwisata preparing atau mempersiapkan skenario ini dari sekarang," kata Nalendra.

Setelah itu ada fase terakhir yaitu Post Normal, ketika vaksin ditemukan dan berhasil menekan jumlah kasus baru. Perilaku wisatawan perlahan akan kembali seperti semula. Namun di satu sisi mereka akan semakin aware terhadap dampak negatif yang dihasilkan dalam sebuah perjalanan seperti emisi karbon.

Sehingga fenomena microcation (perjalanan pendek) dan slow tourism (mengunjungi sedikit destinasi namun lebih dalam pengalaman) akan semakin populer.

Selain itu segmen upper dan luxury market dipercaya sebagai segmen yang cepat rebound karena relatif memiliki pendapatan tinggi dibanding segmen lain yang terimbas krisis ekonomi akibat covid-19.

Baca Juga: MarkPlus Tourism memperluas jaringannya di asosiasi travel Asia Pasifik

"Terutama segmen family dan baby boomers kelas atas akan mulai melakukan perjalanan luar negeri dalam memperhatikan destinasi berkualitas, seiring tingkat keyakinan tinggi bahwa dunia sudah semakin baik. Faktor keselamatan dan keamanan, sistem mitigasi, dan keberlangsungan sebuah destinasi wisata akan menjadi pertimbangan baru dalam berwisata. Inilah quality tourism," tutup Nalendra.

Asal tahu saja, MarkPlus Tourism merupakan unit bisnis dari konsultan marketing MarkPlus, Inc. yang bergerak di bidang pariwisata. Tujuan utamanya adalah memberi solusi bagi para pemain pariwisata dalam mencapai tujuannya, baik lewat konsultasi maupun pelatihan.

Baru-baru ini MarkPlus Tourism diangkat sebagai anggota terbaru PATA (Pacific Asia Travel Association), organisasi non-profit yang memiliki jaringan luas global dan bertanggungjawab mengembangkan pariwisata di kawasan Asia Pasifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×