kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih dikaji, Krakatau Steel (KRAS) belum beri kepastian soal rencana IPO anak usaha


Selasa, 29 Desember 2020 / 21:50 WIB
Masih dikaji, Krakatau Steel (KRAS) belum beri kepastian soal rencana IPO anak usaha
ILUSTRASI. Pekerja memotong lempengan baja panas di pabrik pembuatan hot rolled coil (HRC) PT Krakatau Steel (Persero) Tbk di Cilegon, Banten. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk masih mengkaji opsi mengantar tiga anak usahanya untuk melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). Saat ini, emiten pelat merah berkode saham KRAS tersebut masih berkonsultasi dengan Kementerian BUMN untuk mendiskusikan wacana tersebut.

“Mengenai siapa dan kapan (realisasi IPO) ya nanti akan disampaikan ketika waktunya sudah tepat,” kata Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk Silmy Karim dalam paparan publik yang disiarkan secara virtual, Selasa (29/12).

Seperti diketahui, wacana untuk mengantar anak usaha sudah digulirkan sejak beberapa tahun lalu. Anak usaha yang rencananya akan IPO rencananya adalah PT Krakatau Tirta Industri (KTI), PT Krakatau Bandar Samudera (KBS), dan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC).

Berdasarkan laporan keuangan interim perusahaan per 30 September 2020, KTI bergerak di bidang distributor dan pengelolaan air. Sementara itu, KBS bergerak di bidang jasa pengelolaan pelabuhan, sedang KIEC memiliki bidang usaha industri real estat dan perhotelan. Kepemilikan saham ketiganya tercatat dikuasai 100% oleh KRAS pada 30 September 2020 lalu.

Baca Juga: Diguyur dana PEN, Krakatau Steel (KRAS) pede bisa kantongi laba di tahun depan

Silmy Karim menjelaskan, IPO anak usaha bisa menjadi salah satu cara bagi KRAS untuk mengoptimalisasi aset. Meski begitu, pihaknya ingin berhati-hati dalam mengambil langkah di tengah situasi pandemi Covid-19. Makanya, KRAS masih ingin melihat kondisi dan keadaan sebelum merealisasi wacana IPO tiga anak usaha. 

“Kita harus melihat kondisi dan keadaan. Kondisi di tengah pandemi Covid-19 tidak atau bukan waktu yang tepat buat kita melakukan aksi-aksi korporasi yang bisa berdampak atau tidak bisa kita ukur dampaknya terhadap perseroan,” terang Silmy.

Selanjutnya: Krakatau Steel (KRAS) segera menerbitkan obligasi wajib konversi untuk SMI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×