kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masuk Bisnis Printer Tiga Dimensi, ASGR Pasarkan Produk Creality dari Tiongkok


Sabtu, 16 Juli 2022 / 06:53 WIB
Masuk Bisnis Printer Tiga Dimensi, ASGR Pasarkan Produk Creality dari Tiongkok
ILUSTRASI. Direktur PT Astra Graphia Tbk (ASGR) Widi Triwibowo (kiri) memegang salah satu produk hasil cetak tiga dimensi Creality di Jakarta, Rabu (13/7).


Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) memperluas produk ke segmen pencetakan tiga dimensi (3D printing). ASGR melalui anak usahanya PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) merilis dan memasarkan mesin cetak 3D (printer 3D) dengan merek Creality.

Creality adalah salah satu produsen printer 3D papan atas global yang berbasis di Senzhen, Tiongkok. Creality menunjuk AXI sebagai distributor eksklusif dalam pemasaran dan layanan purna jual produk-produk Creality di seluruh wilayah di Indonesia.

Baca Juga: AXI Luncurkan Mesin Pencetak 3D, Teman Solusi Usaha Teranyar

Direktur Astra Graphia, Widi Triwibowo menyebutkan, pihaknya terus memperkuat dan menambah portofolio produk untuk memenuhi tuntutan pasar. "Kami melihat 3D printing dapat menjadi peluang bisnis baru bagi perusahaan," tutur dia dalam soft launching Creality di Jakarta, Rabu (13/7).

Tahun ini, manajemen Astra Graphia mendorong pertumbuhan dari portofolio baru melalui produk serta layanan printing dan digital. Kehadiran portofolio baru diharapkan memberikan kontribusi bagi pendapatan konsolidasi.

"Karena ini baru stage awal, maka untuk target penjualan dan kontribusi secara detail, baru akan kami sampaikan sekitar enam bulan ke depan. Kami optimistis portofolio baru ini berkontribusi positif bagi kinerja perusahaan," ungkap Widi, yang juga menjabat Presiden Direktur Astragraphia Xprins Indonesia.

Baca Juga: Prospek Bisnis Astra Graphia (ASGR) Terkerek Permintaan Layanan Digital

Dia menjelaskan, 3D printing atau additive manufacturing merupakan proses pembuatan objek fisik dari model 3D. Umumnya dengan proses pencetakan lapis per lapis menggunakan material cetak khusus sesuai dengan jenis printer 3D.

Dengan memasarkan produk printer 3D milik Creality, ASGR membidik berbagai segmen pasar, mulai dari pengguna personal (ritel), pelaku UMKM, korporasi hingga industrial. Adapun hasil cetak (printing output) tiga dimensi ini bisa bersifat koleksi, komersial dan menunjang aktivitas bisnis.

Di segmen industri kreatif, menurut Widi, produk printer tiga dimensi turut mendukung proses inovasi atas suatu produk dengan time-to-market yang lebih cepat dan biaya yang lebih efisien.

AXI akan memasarkan produk Creality yang terbagi dalam beberapa kategori. Pertama, Ender series, printer FDM untuk entry-level. Printer ini biasanya untuk pengguna personal dan lain-lain.

Kedua, CR series yang memiliki ukuran pencetakan yang lebih luas serta dilengkapi fitur advanced (silent board, filament detection, dan lain-lain). Printer ini khususnya untuk UMKM, industri kreatif dan lain-lain.

Ketiga, Fully enclosed FDM series, printer yang dilengkapi dengan frame logam sehingga cocok dengan pelaku industri yang membutuhkan temperatur pencetakan tinggi serta ukuran cetak yang lebih besar.

Baca Juga: Optimistis Kinerja Bertumbuh, Ini Katalis yang Dimiliki Astragraphia (ASGR)

Keempat, Halot series, printer resin yang dapat menghasilkan produk dengan detail yang sangat baik. Printer ini banyak digunakan di sektor kesehatan gigi, perhiasan dan industri kreatif.

Harga printer 3D Creality mulai dari Rp 2 juta per unit untuk entry level hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah untuk produk skala industi.

Per akhir Maret 2022, ASGR mencatatkan pendapatan Rp 618,40 miliar, tumbuh tipis 0,24% year-on-year (yoy). Segmen bisnis solusi dokumen menyumbang Rp 301,71 miliar, bisnis solusi teknologi informasi berkontribusi Rp 290,58 miliar serta segmen solusi perkantoran sebesar Rp 47,43 miliar.

Dari sisi bottom line, ASGR meraih laba bersih Rp 15,78 miliar di kuartal I-2022, atau meningkat 11 kali lipat (yoy). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×