kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Matahari Putra Prima (MPPA) percepat inovasi digital di masa pandemi


Sabtu, 17 Oktober 2020 / 12:17 WIB
Matahari Putra Prima (MPPA) percepat inovasi digital di masa pandemi
ILUSTRASI. GrabMart umumkan kerja sama dengan Matahari Putra Prima Tbk untuk menyediakan aneka pilihan lengkap makanan dan kebutuhan rumah tangga ke dalam GrabMart melalui Hypermart, Hyfresh, Primo dan Foodart yang dapat diakses melalui GrabMart.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pandemi Covid-19 yang berlangsung di Indonesia secara langsung mengakselerasi inovasi digital PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA).

Harapannya jika semua rencana adaptasi digital berjalan lancar, kontribusi penjualan online ditargetkan mencapai 10%-15% hingga akhir tahun ini. 

Danny Kojonginan, Direktur Public Relation sekaligus Sekretaris Perusahaan MPPA mengatakan pandemi Covid-19 telah mempercepat adopsi digital di perusahaan.

"Saat ini MPPA melayani pelanggan lewat layanan Whatsapp Chat & Shop,  E-Commerce dan GrabMart," jelasnya dalam paparan publik secara virtual, Jumat (16/10).

Baca Juga: Akibat pandemi, APPBI: Sudah 20% penyewa yang menutup usahanya

Melalui WhatsApp chat & shop, Danny menjelaskan pelanggan bisa langsung memesan menggunakan aplikasi Chat dari 136 gerai secara nasional. Adapun radius antar hanya sampai 10 kilometer dan pengantaran dengan sepeda motor.

Selain itu, pada Juli 2020 lalu MPPA bekerja sama dengan Grab Mart dan hingga saat ini sudah ada 90 gerai yang melayani pemesanan lewat platform Grab.

Danny mengatakan MPPA memilih Grab Mart karena melihat prospek baru bagi pengembangan layanan digital ke depannya.

Kemudian di bulan September, MPPA melakukan kerja sama dengan Shopee dimulai dari 23 gerai, kemudian sampai dengan 15 Oktober sudah ada 30 gerai yang melayani lewat platform ini.

Danny menjelaskan MPPA juga mempunyai layanan park & pick-up yang tersedia untuk kanal penjualan WA dan Ecommerce. Jadi, pelanggan bisa memesannya lewat online dan diambil sendiri di gerai.

Baca Juga: Matahari (MPPA): Sejak Maret sudah jalankan jaga jarak dengan ketat

"Di layanan ini, toko akan mengirimkan pembelian ke bagasi mobil di area parkir yang ditentukan. Tidak ada batasan maksimal pembelian, serta mengakomodiasi pembelian barang yang berukuran besar," kata Danny.

Danny mengungkapkan dengan skala layanan online yang dimiliki MPPA saat ini, kontribusi penjualan online mencapai 5%-6% dari total penjualan MPPA.

Ke depannya, Danny mengatakan ekspansi di kanal online ini tentunya diharapkan bisa mendapatkan basis pelanggan baru tidak hanya dari Hypermart online, WhatsApp, GrabMart dan Shopee, tetapi juga dari operator lainnya.

"Harapannya bila semua berjalan lancar dan sesuai rencana, kontribusi online ini bisa mencapai 10%-15% di akhir tahun 2020," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×