kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,86   -4,43   -0.49%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mbizmarket Catatkan Kenaikan Tren Belanja Pengadaan Barang Jasa dari Pemprov


Jumat, 25 Februari 2022 / 10:43 WIB
Mbizmarket Catatkan Kenaikan Tren Belanja Pengadaan Barang Jasa dari Pemprov
ILUSTRASI. Chief Executive Officer Mbizmarket Rizal Paramarta saat memberikan kata sambutan pada peluncuran Mbizmarket di kawasan Senayan,


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Mbizmarket (PT Brilliant Ecommerce Berjaya/BEB), e-marketplace business-to-business (B2B) untuk pengadaan barang dan jasa, telah bekerjasama dengan 25 Pemerintahan Provinsi atau lebih dari 70% dari seluruh pemprov di Indonesia hingga akhir 2021.

Tahun ini, Mbizmarket menargetkan bisa  digunakan seluruh seluruh provinsi di Tanah Air dalam pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, ekosistem penjual dan pembeli, jumlah transaksi, dan jumlah produk di platform Mbizmarket juga mencatat pertumbuhan secara organik yang signifikan tahun ini yakni diatas 500%.

“Kami menargetkan penerapan Mbizmarket di sejumlah Kementerian Pusat dan 34 Pemerintah Provinsi di Indonesia pada akhir 2022.  Kami  telah menyiapkan berbagai program untuk mendukung UMKM, seperti bimbingan teknis dan pelatihan bagi pelaku usaha UMKM di daerah, sehingga UMKM bisa memasarkan produk-produk lokal melalui Mbizmarket,” ujar CEO Mbizmarket Rizal Paramarta dalam keterangan resminya, Kamis (24/2).

Baca Juga: Mbizmarket dan Pemprov Jateng luncurkan Program Bangkon Jateng

Selain itu, BEB juga telah  bekerjasama dengan Investree untuk menghadirkan fitur pengajuan pinjaman modal yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha UMKM yang telah bergabung di ekosistem Mbizmarket. 

Pelaku usaha UMKM diharapkan dapat mengembangkan dan memperlancar usahanya dengan pinjaman dana yang diperoleh dengan bergabung di Mbizmarket.

“Hal ini  merupakan komitmen kami untuk turut mendukung upaya pemerintah dalam mengoptimalkan pengadaan produk lokal melalui pemberdayaan UMKM yang dapat mengakses pendanaan berbasis teknologi,”  tambah Rizal.

Provinsi Jawa Barat menjadi pionir dalam pemanfaatan Mbizmarket,  disusul kemudian oleh Provinsi Bali pada Juli 2020, Jawa Timur pada Oktober 2020, dan menyusul provinsi lainnya. Sejumlah penghargaan juga telah diterima oleh provinsi tersebut atas inovasi dalam pengadaan melalui pemanfaatan Mbizmarket. 

Pemanfaatan e-marketplace Mbizmarket kini telah menjadi tren di kalangan Pemerintah Daerah. Selain Provinsi Jawa Barat, Bali, dan Jawa Timur, provinsi lain yang telah menggunakan Mbizmarket adalah Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Sumatera Barat, Riau, Gorontalo, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Provinsi Bali I Ketut Adiarsa  menyampaikan bahwa, pemanfaatan Mbizmarket melalui perjanjian kerja sama sejak 2020 merupakan salah satu komitmen untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas melalui digitalisasi proses pengadaan barang/jasa.

Platform Mbizmarket menurutnya mampu mengadopsi tahapan belanja pemerintah sehingga mempercepat proses transformasi dari transaksi secara konvensional menjadi transaksi digital.




TERBARU

[X]
×