kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

McCafe berkontribusi 30% ke Rekso Food Nasional


Jumat, 09 Februari 2018 / 06:15 WIB
McCafe berkontribusi 30% ke Rekso Food Nasional


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Rekso Nasional Food tidak hanya mengandalkan McDonald's untuk menggenjot penjualan. Perusahaan ini terus mengembangkan gerai McCafe sebagai salah satu kontributor pendapatan.

Sutji Lantyka, Associate Director of Communications Rekso Nasional, menyampaikan, permintaan pasar terhadap McCafe terus meningkat. Berbeda dengan Mc Donald's yang menyasar segmen keluarga, McCafe mengincar segmen tersendiri.

McCafe yang dikonsep sebagai kafe memiliki pasar karyawan kantoran dan segmen mature. Wajar saja, positioning gerai McDonald's yang terdapat McCafe umumnya terletak di komplek perumahan atau perkantoran. "Kontribusinya bagus, apalagi demand di daerah perkantoran dan perumahan itu cukup tinggi," sebut Sutji kepada KONTAN, Kamis (8/2).

Memang, tidak semua gerai McDonald's yang berjumlah 181 dilengkapi Mc Cafe. Maklum, membutuhkan requirement tertentu untuk pembangunan gerai itu. Paling tidak hanya gerai-gerai stand alone dengan area cukup luas bisa didesain dengan McCafe. "Makanya, kami memperbanyak McCafe di beberapa gerai yang sebelumnya tidak ada. Jadi kami menambahkan McCafe seperti di Bintaro," sebutnya.

Tahun ini, dari target membangun 10 gerai sampai 15 gerai baru, sebagian gerai McDonald's yang akan dilengkapi dengan McCafe. Sayang, Sutji belum bisa merinci berapa banyak gerai yang akan dilengkapi dengan konsep McCafe.

"Tahun lalu kami membuka McCafe baru seperti di McDonald's STC Senayan. Tahun ini pasti ada, tetapi kami belum bisa memberi tahu di mana dan kapan," ujar dia.

Kini, hanya sekitar 15% gerai McDonald's yang dilengkapi McCafe. Meski demikiam, kontribusi McCafe mencapai 30% terhadap penjualan secara keseluruhan. "Ya, ada (30%) kalau secara keseluruhan ya," ungkap Sutji.

Dengan membidik pasar pekerja kantoran dan mature, McCafe memiliki segmen yang lebih fokus. Sebab, konsep kafe memang menyasar para pengunjung yang lebih dewasa.

Apalagi aneka menu beragam. Tidak hanya aneka minuman seperti kopi, McCafe menawarkan pastry untuk teman nongkrong, sehingga konsumen betah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×