kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

MDI Ventures siapkan pendanaan US$ 150 juta untuk startup


Kamis, 12 Desember 2019 / 21:56 WIB
MDI Ventures siapkan pendanaan US$ 150 juta untuk startup
ILUSTRASI. MDI Ventures siapkan pendanaan US$ 150 juta untuk startup

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui anak usahanya MDI Ventures bersama dengan KB Financial Group asal Korea Selatan telah meluncurkan perusahaan dana modal ventura Centauri Fund.

Portfolio Director MDI Sandhy Widyasthana mengatakan, pihaknya menyiapkan pendanaan sebesar USD 150 juta untuk startup di level growth stage.

Baca Juga: Telkom (TLKM) bentuk modal ventura bersama perusahaan asal Korea Selatan

"Kami sudah mempunyai list target (startup/fintech) yang tentu saja akan ditindaklanjuti dengan due dilligence. Mengenai jumlah akan fleksibel," kata Sandhy Widyasthana kepada Kontan.co.id, Kamis (12/12).

Menurutnya, peluncuran Centauri Fund adalah bentuk komitmen TelkomGroup dan KB Investment yang bertujuan untuk mengembangkan pengalaman kedua perusahaan terhadap ekosistem teknologi di Asia Tenggara, termasuk mendukung startup Indonesia dan kawasan.

Sandhy bilang, saat ini MDI Ventures sudah saat ini sudah berinvest di 35 startup di 11 negara dan sampai saat ini sudah melakukan 7 exit dengan gain yang cukup tinggi.

Baca Juga: Uniair Indotama Cargo segera lakukan pengapalan pertama fasilitas PLB e-commerce

Sementara itu modal yang sudah diinjeksi oleh induk perusahaan (Telkom) pada tahap satu sebesar USD 100 juta. "Tahun depan akan diinjek fund baru tahap dua yang besarnya masih di-disclosed dulu,"ucap Sandhy.

Untuk tahun depan apakah ada investor atau kerja sama dari pihak asing lagi, Shandy belum bisa memberitahu lebih lanjut. Namun, Sandhy menjelaskan kriteria startup/fintech yang diinvestasikan dari MDI Ventures dan juga kriteria pihak asing yang dapat kerja sama dengan perusahaan.

"Untuk startup ada di pre series A ke atas, kemudian kriteria partner adalah yg mau berinvestasi kepada startup Indonesia atau startup global yang beroperasi membangun ekosistem di Indonesia,"jelasnya.

Baca Juga: Industri telekomunikasi harus bisa mengalap berkah dari teknologi 5G

Centauri Fund akan berkantor di Jakarta, Indonesia, dan Seoul, Korea Selatan. Centauri Fund akan berinvestasi di Startup teknologi, termasuk teknologi keuangan, infrastruktur e-commerce, Software as a Service (SaaS), dan juga big data, di mana startup tersebut lebih lebih fokus pada pengalaman pelanggan atau customer experience.





Close [X]
×