kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Melongok startegi Telkom (TLKM) yang optimitis pendapatan IndiHome tumbuh dua digit


Rabu, 21 Agustus 2019 / 05:30 WIB
Melongok startegi Telkom (TLKM) yang optimitis pendapatan IndiHome tumbuh dua digit


Reporter: Nur Qolbi | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) optimistis, pendapatan dari segmen fixed broadband IndiHome masih bisa tumbuh dua digit. Selama paruh pertama tahun ini, pendapatan IndiHome naik 61,5% secara year on year menjadi Rp 8,8 triliun.

Untuk mencapai target tersebut, Direktur Keuangan TLKM Harry Mozarta Zen mengatakan, perusahaannya akan terus menambah pelanggan baru Indihome. Ia mengestimasi, dalam tiga tahun ke depan, dari 65 juta rumah yang ada di Indonesia, sebanyak 30% adalah pelanggan potensial fixed broadband.

Baca Juga: Sepanjang semester I-2019, TLKM serap capex Rp 15,1 triliun

Per semester I-2019, TLKM yang menjadi pemimpin pasar fixed broadband mencatat, pelanggan IndiHome sudah mencapai 6 juta. "Ditambah pelanggan perusahaan lain jadi sekitar 7 juta. Masih ada sekitar 12 juta yang masih menjadi potensial pelanggan fixed broadband," ucap dia di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (19/8).

Harry yakin, jumlah pelanggan TLKM bisa terus tumbuh di segmen rumah ini. Sebab, pelanggan baru Indihome bisa bertambah 1,5 juta-2 juta setiap tahun.

Secara perinci, sepanjang per semester I-2019, pelanggan Indihome naik 45,1% secara tahunan menjadi 6 juta. Sementara selama kuartal II-2019, pelanggan IndiHome bertambah 479.000.

Baca Juga: Telkom (TLKM) masih tinjau kembali rencana akuisisi Bhinneka.com

Untuk menggenjot pendapatan segmen ini, TLKM tidak hanya akan mendorong jumlah pelanggan baru, tetapi juga menyorong pertumbuhan rata-rata pendapatan per pengguna atau average revenue per user (ARPU). "Setiap ada customer yang pakai layanan Dual Play akan kami dorong untuk upgrade ke Triple Play," kata Harry.

Pada semester I-2019,  pelanggan Dual Play IndiHome berjumlah 52% dari total pelanggan, sedangkan Triple Play 48%. ARPU IndiHome sepanjang triwulan II-2019 adalah Rp 260.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×