kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengejar target penjualan di pameran mobil IIMS


Senin, 18 Juli 2011 / 09:33 WIB
Mengejar target penjualan di pameran mobil IIMS
ILUSTRASI. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja merekam menggunakan kamera video (vlogging)


Reporter: Yudo Widiyanto | Editor: Edy Can

JAKARTA. Pasokan mobil di Indonesia yang notabene didominasi mobil-mobil Jepang telah kembali pulih setelah terkena dampak tsunami, 11 Maret lalu. Kini, para agen tunggal pemegang merek (ATPM) berani mematok tinggi target penjualan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung 22 Juli–31 Juli nanti.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy, yang sempat khawatir akibat bencana tersebut, optimistis penjualan mobil Honda pada IIMS tahun ini akan naik dari tahun lalu. HPM mematok target penjualan lebih dari 1.700 unit. Di IIMS tahun 2010, Honda mencatat penjualan 1.619 unit. "Kami perkirakan penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2010," katanya akhir pekan lalu.

Optimisme tersebut beralasan. Pertama, penjualan mobil secara nasional pada bulan Juni kemarin juga mengalami kenaikan signifikan, yaitu 16,5% dibanding dengan bulan Mei, jadi 70.720 unit. Kedua, daya beli meningkat. Ketiga, pemulihan setelah bencana gempa memungkinkan munculnya berbagai varian produk baru.

Hal senada juga dikemukakan Vice President Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Teddy Irawan. "Kami sangat optimistis ada peningkatan," katanya. NMI menargetkan penjualan 1.500 unit di IIMS ini, naik dari 1.048 unit pada IIMS 2010.

Menurut Teddy, pemicu kenaikan angka prediksi ini lantaran dipicu tingginya permintaan produk baru. Ambil contoh Nissan Juke yang baru di luncurkan Juni. Hingga awal Juli ini, permintaannya telah mencapai 3.500 unit.

Hanya, tidak semua ATPM mematok target tinggi. Constantinus Herlijoso, CEO PT Astra International Peugeot, misalnya, bilang, Peugeot akan memanfaatkan IIMS 2011 ini lebih sebagai wahana pengenalan produk dan teknologi. "Pengenalan teknologi mobil, yang paling penting," katanya. karena itu, Peugeot hanya mentargetkan bisa menjual sebanyak 30 unit untuk seluruh model yang dipamerkan. "Kami tidak mau target tinggi-tinggi," ungkapnya.

Rencananya, untuk menarik konsumen, Peugeot akan meluncurkan program promosi berupa paket bunga nol persen dan hadiah langsung yang menarik. Ini khusus untuk konsumen yang membeli mobil saat pameran. "Paket itu kami berikan saat pameran berlangsung," katanya.

Ambisi satu juta unit

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman M.R. berujar, Gaikindo akan terus menggelar IIMS setiap tahun. Tujuannya, agar penjualan mobil nasional terus naik. Soalnya, Gaikindo menargetkan, di tahun 2014 jumlah penjualan mobil di Indonesia bisa mencapai satu juta unit. "IIMS untuk menunjang satu juta unit," katanya.

Mengenai tahun ini, Sudirman optimis, target penjualan Gaikindo penjualan mobil secara nasional sebanyak 780.000–830.000 unit unit bisa tercapai. Padahal industri otomotif sempat pesimistis, bencana tsunami Jepang akan mengganggu produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×