Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski menjadi pendatang baru dalam pasar smartphone Indonesia yang memiliki tantangan besar. Realme memiliki optimisme yang tinggi dalam menggarap pasar terbesar Asia Tenggara ini. Nada optimis itu hadir dalam perbincangan eksklusif redaksi dengan tim realme yang dihadiri Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.
Menurut Palson, ke depannya realme ingin menunjukkan diri sebagai perusahaan smartphone yang memiliki teknologi yang sangat canggih dengan menampilkan desain yang lebih unggul dibandingkan para pesaingnya. Bahkan realme tidak canggung melakukan head to head dengan berbagai kompetitor lainnya di persaingan smartphone kelas premium.
“Premium market merupakan market yang sangat penting walaupun segmennya sedikit atau kurang dari 10%. Premium market tetap menjadi hal terpenting bagi merek smartphone mana pun, begitu juga dengan realme. Karena itu, ke depannya, realme akan meluncurkan smartphone flagship GT 2 Pro seperti smartphone lainnya yang menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang sangat cepat dari Qualcomm,” katanya optimis dalam keterangannya, Kamis (17/3).
Baca Juga: Harga HP Realme C11 mulai Rp 1,7 juta, hari ini mulai di jual resmi di Indonesia
Strategi realme itu bukan tanpa dasar. Dengan dukungan para ahli terbaik dan teknologi mutakhir dalam bidang smartphone, realme telah memiliki modal dalam memasuki pasar flagship. Hasilnya, dengan penerapan strategi yang tepat, kini realme di pasar global sudah menjadi Top 6 smartphone brand. Sementara di Indonesia realme telah menjadi Top 5 smartphone brand.
Dalam menunjang hal tersebut, realme sejak awal telah melakukan upaya yang gencar dalam melakukan perkembangan teknologinya, terutama dalam pengaplikasian jaringan 5G. Bahkan di negara asalnya, China, realme telah lebih dulu mengeluarkan produk smartphone yang memiliki jaringan 5G. Dan kini, di pasar Indonesia, penerapan 5G terus dilakukan realme semata-mata ingin menjadikan realme sebagai merek smartphone yang mempopulerkan dan terdepan di jaringan 5G. Meski
desain yang premium dan penerapan jaringan 5G, smartphone realme tetap tidak akan meninggalkan tujuan utamanya sebagai smartphone dengan harga yang affordable. Bahkan, realme telah mengeluarkan smartphone 5G dengan harga dibawah Rp 3 juta. Ini adalah pembuktian realme sebagai merek smartphone yang menyajikan teknologi terbaru ke anak muda di Indonesia dengan harga terbaik.
“Jadi inilah dasar realme memasuki pasar flagship. Dan cita-cita realme ke depan adalah menjadi nomor 1 sebagai merek smartphone di Indonesia. Selain itu, realme juga ingin memberikan anak muda smartphone flagship yang bisa menjadi penentu tren atau “trendsetting” baik pada sisi teknologi maupun sisi desain, yang tentunya dengan harga terjangkau,” katanya menambahkan.
Baca Juga: Realme C11 diperkenalkan ke pasar Indonesia dan Malaysia pekan depan
Salah satu produk yang menjadi unggulan realme dan akan segera diluncurkan ialah realme GT 2 Pro. realme GT 2 Pro ialah smartphone yang membawa semangat hijau dari realme. Semangat hijau karena smartphone ini terinspirasi dari upaya realme menjaga lingkungan. Dari sana, realme secara intensif memikirkan body smartphone dan kotaknya tersebut yang dibentuk dari kertas daur ulang yang ramah lingkungan.
“Pada saat peluncuran realme GT 2 Pro nanti di Indonesia, kami mengajak konsumen untuk ikut dalam menjaga lingkungan. Caranya, setiap penjualan 1 produk realme GT 2 Pro, konsumen berkesempatan melakukan donasi untuk pelestarian lingkungan. 1 unit berarti menyumbangkan Rp 10 ribu,” ujarnya menjelaskan.
Program itu terjadi karena realme berkolaborasi dengan Zero Waste Adventure. Hasil penjualan unit realme GT 2 Pro akan diakumulasi dan totalnya akan didonasikan ke sistem pengelolaan sampah di Kota Bandung dan aksi peduli lingkungan aliran sungai di Bogor pada 31 Maret 2022.
Kegiatan donasi akan berlangsung dengan melakukan pemilihan sampah organik dan non-organik bersama-sama dengan perwakilan realme Indonesia dan juga realme Fans di kota Bandung dan Bogor.
Selain itu, realme juga fokus pada penerapan AIoT di Indonesia. Karena itu, kata Palson, realme akan mengeluarkan realme Pad, namun peluncurannya masih dirahasiakan.
Baca Juga: Realme C11 resmi masuk Indonesia, penasaran harganya tunggu hari Selasa 30 Juni
Fokus realme pada pasar AIoT karena ingin menjadi nomor satu dalam pilihan publik akan kebutuhan AIoT di Indonesia. Langkah selanjutnya, menurut Palson, realme akan memberikan suatu hal di “realme official store” tentang pengalaman langsung menikmati AIoT itu sendiri. Ini merupakan visi realme ke depan.
Tidak hanya menjaga dari sisi teknologi dan desain, realme ternyata tetap fokus terhadap after sales service produknya. Karena bagi realme, menjaga kualitas after sales yang baik sama saja membangun hubungan yang erat dengan konsumen.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News