kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik prospek bisnis minuman beralkohol ditengah wabah virus corona


Selasa, 17 Maret 2020 / 05:05 WIB
Menilik prospek bisnis minuman beralkohol ditengah wabah virus corona


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri minuman beralkohol (minol) tengah dihadapkan pada tantangan yang berat. Bagaimana tidak, geliat bisnis hotel, restauran, dan kafe (horeka) serta sektor pariwisata secara umum yang selama ini menjadi penopang bagi penjualan minol terancam lesu seiring dengan adanya pandemi virus corona (covid-19) yang tengah mewabah.

Seperti diketahui, pemerintah belakangan ini baru saja mengeluarkan imbauan bagi segenap masyarakat untuk mengurangi aktivitas-aktivitas di luar rumah. Tidak hanya itu, jam operasional sejumlah transportasi publik  seperti Transjakarta dan MRT di Jakarta juga dibatasi guna mengurangi aktivitas warga di luar rumah. Sejumlah upaya ini bertujuan untuk meminimalisir risiko penyebaran corona.

Baca Juga: Virus corona merebak, ekspor Bali Hai Brewery Indonesia (BHBI) masih positif

Director Corporate Affairs PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) mengungkapkan penurunan aktivitas ekonomi, termasuk di antaranya sektor pariwisata yang terjadi seiring mewabahnya pandemi corona berpotensi memiliki dampak terhadap produk minol.

Namun demikian, ia mengaku belum bisa memperkirakan seberapa besar dampak yang bisa timbul dari pandemi ini. Oleh karenanya, untuk sementara ini perseroan memutuskan untuk terus mengikuti arahan pemerintah sembari memastikan bahwa bisnis dapat berjalan sesuai dengan situasi yang berkembang.

“Di tengah-tengah situasi yang penuh ketidakpastian ini, kami belum bisa berspekulasi tentang kinerja bisnis selama beberapa bulan ke depan,” kata Ika kepada Kontan.co.id (16/03).

Selain berpotensi menggerus permintaan minol, pandemi corona juga rupanya memengaruhi cara konsumen mengkonsumsi minol. Setidaknya, hal ini yang di alami oleh PT Bali Hai Brewery Indonesia (BHBI) belakangan.

Baca Juga: Sakit kepala sering datang tiba-tiba? Cegah dengan cara berikut ini




TERBARU

[X]
×