kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Merek Mobil China, Chery Tengah Cari Lokasi untuk Bangun Pabrik di Indonesia


Senin, 15 Agustus 2022 / 20:26 WIB
Merek Mobil China, Chery Tengah Cari Lokasi untuk Bangun Pabrik di Indonesia
ILUSTRASI. Chery Omoda 5 dipamerkan saat ajang GIIAS 2022.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. Chery, brand premium global asal China, memaparkan hendak membangun pabrik produksi dan pusat pengembangan dan riset di Indonesia. Presiden Direktur Chery Tao Yong memaparkan, langkah ini akan berjalan melalui beberapa tahap, yakni memulai pembangunan dan produksi.

"Saat ini kami masih mencari lokasi strategis untuk pembangunan pabrik dan pusat pengembangan. Tahap pertama akan berjalan pada pembangunan yang berjalan, lalu tahap kedua menandai masa produksinya nanti," jelas Tao Yong saat ditemui oleh Kontan.co.id di acara GIIAS di Tangerang, Senin (15/8).

Chery juga menyampaikan rencana investasi di Indonesia untuk pengembangan kendaraan listrik. Indonesia yang memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia diyakini akan berperan besar dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan.

Baca Juga: Chery Tidak Pasang Target Penjualan Khusus Selama GIIAS 2022

Sementara itu, dalam keterangan yang diterima, Chery tercatat akan berinvestasi di Indonesia sebesar US$ 1 miliar. Alokasi dana ini disiapkan untuk kegiatan produksi dan manufakturing di Indonesia. Adapun pabrik yang akan dibangun memiliki kapasitas mobil hingga 200.000 unit.

Investasi tahap awal dimulai pada 2022 sebesar US$40 juta dan diproyeksikan mencapai jumlah produksi 20.000 unit per tahun. Melalui strategi ini, Chery juga berharap dapat memasuki pasar otomotif Asia Tenggara, utamanya adalah Indonesia.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari persiapan untuk melayani konsumen, saat ini Chery tengah memperkuat jaringan dealernya melalui kemitraan dengan sembilan grup dealer dan akan memastikan kesiapan 30 dealer sampai akhir tahun 2022.

“Saat ini Chery telah mencapai kesepakatan dengan sembilan grup dealer yang telah memenuhi klasifikasi 3S sesuai standar PT Chery Sales Indonesia. Ada 20 dealer yang sudah memulai konstruksi outlet di beberapa kota besar di Indonesia yang meliputi pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Di akhir tahun 2022, Chery Sales Indonesia menargetkan 30 outlet dealer dan memperluas cakupannya hingga pulau Bali,” papar Tao Yong.

Sembilan grup dealer yang sudah bersepakat dengan Chery dinilai telah memenuhi klasifikasi 3S, yang terdiri dari Service, Sales, dan Spare Parts. Hal ini merupakan salah satu syarat standar yang ditetapkan untuk membangun kepercayaan dan kepuasan konsumen.

Pengembangan dealer Chery dilakukan sesuai dengan dua dari empat nilai utama “Chery Beyond Advanced”, yaitu ‘Technology’ dan ‘Link’.

‘Technology’ bermakna pengembangan inovasi yang diterapkan secara menyeluruh, tidak hanya untuk produk, tetapi juga pelayanan kepada konsumen, sementara ‘Link’ bermakna prinsip dalam pengembangan jaringan dealer Chery yang menjadi pegangan untuk membangun hubungan dan kepercayaan konsumen melalui produk dan layanan berkualitas.

Baca Juga: Harga Tiket GIIAS 2022 & Cara Beli Secara Online, Mulai Hari Ini Dibuka Untuk Umum

Program garansi yang akan diterapkan oleh para dealer adalah garansi kualitas enam tahun atau 150.000 km dan garansi mesin sepuluh tahun atau 1.000.000 km.

Dengan program tersebut, Chery menjadi perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang memperkenalkan garansi 10 tahun kepada konsumennya. Program garansi ini akan mulai diterapkan untuk TIGGO 7 PRO dan TIGGO 8 PRO yang menjadi dua produk utama yang akan diluncurkan tahun ini.

“Program ini lahir dari keyakinan Chery terhadap kualitas mesin yang dikembangkan secara detil dan melalui R&D yang cukup panjang oleh Chery Manufacturing. Chery yakin dengan program garansi ini para dealer juga akan semakin optimis saat berhadapan dengan konsumen,” ujar Dian Fardiansyah, Head of Network & National Sales PT Chery Sales Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×