kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.969.000   -22.000   -1,10%
  • USD/IDR 16.875   -5,00   -0,03%
  • IDX 6.613   -20,90   -0,32%
  • KOMPAS100 952   -3,65   -0,38%
  • LQ45 742   -2,91   -0,39%
  • ISSI 210   0,12   0,06%
  • IDX30 386   -1,41   -0,36%
  • IDXHIDIV20 465   -1,90   -0,41%
  • IDX80 108   -0,27   -0,25%
  • IDXV30 113   -0,30   -0,26%
  • IDXQ30 127   -0,67   -0,52%

Meski menaikkan harga tiket, Kidzania terus dipadati pengunjung


Jumat, 02 September 2011 / 19:45 WIB
Meski menaikkan harga tiket, Kidzania terus dipadati pengunjung
ILUSTRASI. JAKARTA,27/01-TES CPNS. Peserta Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1). KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Maria Rosita |

JAKARTA. Taman rekreasi senantiasa menjadi pelabuhan keluarga untuk mengisi liburan. Maka, tak heran kalau wahana bermain disesaki pengunjung saat libur. Kidzania di Pacific Place, Jakarta, misalnya. Tamu di areal rekreasi indoor milik PT Aryan Indonesia itu mencapai kapasitas penuh sepanjang pekan ini.

Hari raya Idul Fitri jatuh pada 31 Agustus dan 1 September 2011. Dalam dua hari tersebut angka pengunjung mencapai 1.800 orang. Menurut Ari Kartika, Manajer Umum Pemasaran Persekutuan dan Komunikasi Kidzania, sekitar 1.200 di antaranya merupakan anak-anak. Selebihnya, dewasa dan orang tua. Adapun kapasitas Kidzania mencapai 1.700-1.800 kepala.

Jumlah pengunjung tersebut membeludak. Soalnya, menurut Ari, pada hari biasa pengunjung sebatas 800-1.000 orang saja. "Sampai sesak begini karena ada kebutuhan rekreasi, khususnya bagi keluarga yang tidak bersilaturahmi saat hari raya," ujar Ari kepada KONTAN, Kamis (1/9).

Ari mengaku pemandangan penuh sesak itu terjadi sejak akhir pekan silam. Menurut dia, hingga pekan ini ditutup angka tidak bergerak dari 1.700 pengunjung saban hari. "Lebaran tahun lalu juga ramai, tapi ini memang lebih ramai," terus dia.

Jumlah wahana (establishment) di Kidzania kini mencapai 72 pos. Adapun profesinya lebih ramai dibandingkan tahun lalu. Yang terbaru, industri ban dan industri air mineral kemasan. Ari berkata, serangkaian hal baru itu ikut menjadi faktor pendorong meningkatnya pengunjung di libur ini. Apalagi kali ini Kidzania menawarkan sistem pembagian tunjangan hari raya (THR) di setiap profesi peserta.

"Misalkan kerja di pabrik cokelat atau pabrik teh, selain mendapat gaji anak-anak mendapat THR. Jadi mereka bisa mengerti makna THR dan bagaimana memanfaatkannya," papar Ari.

Bukan cuma pengunjung yang 'mendulang' rezeki lewat permainan THR. Kidzania mereguk kenaikan omset di atas 50% dari momen Lebaran tahun ini. Intip saja, di hari biasa Kidzania melego tiket masuk Rp 115.000 per anak dan Rp 75.000 untuk orang dewasa. Sementara liburan ini, tiket masuk mencapai Rp 155.000 baik untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa.

"Dinaikin harganya pun tetap ramai sekali," kata Ari.

Ari tak menampik kenaikan harga tiket bukan semata karena musim libur. Kidzania memasang harga lebih tinggi lantaran untuk menutupi lesunya penjualan tiket saat bulan puasa.

Dia mengingatkan, kegiatan di Kidzania semasa Ramadan tak jauh dari kerjasama dengan berbagai perusahaan. Misalnya Telkomsel ataupun Pertamina yang membawa anak-anak kurang mampu ke wahana bermain tersebut di hari sekolah. Untuk ini Kidzania memberikan harga khusus. "Kalau sudah batas 1.000 akan di-close ke publik, biar mereka saja yang bermain," terang Ari. Catatan saja, pengunjung Kidzania sebatas 500-700 orang per hari pada bulan puasa lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Negotiation Mastery

[X]
×