kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Meski permintaan turun, pasar low MPV tahun ini diramal masih gemuk


Selasa, 04 Februari 2020 / 16:17 WIB
Meski permintaan turun, pasar low MPV tahun ini diramal masih gemuk
ILUSTRASI. Toyota New Avanza

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permintaan mobil seven seater seperti Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih menggemuk di pasar domestik. Tak heran para Agen Pemegang Merek (APM) berupaya menggenjot peluang penjualan di segmen tersebut.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di sepanjang tahun 2019 penjualan mobil LMPV mencapai 228.327 unit atau sekitar 22% dari pasar mobil nasional kala itu yang sebanyak 1,03 juta unit. Adapun raihan penjualan LMPV cenderung mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 11% year on year (yoy).

Baca Juga: Pilihan mobil bekas Rp 150 jutaan, bisa dapat Alphard sampai Mercy

Hal ini dipengaruhi penjualan mobil nasional sebesar 10% dibandingkan volume penjualan mobil domestik di tahun 2018 yang senilai 1,15 juta unit. Meski demikian, market LMPV masih dipandang sebagai segmen penting.

Bahkan PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku segmen tersebut akan tetap menjadi segmen penjualan terbesar di market perusahaannya. Henry Tanoto, Vice President TAM bilang mobil jenis ini sudah menjadi kebutuhan utama keluarga di Indonesia.

"Kebutuhan customer di segmen ini adalah kendaraan keluarga yang multi fungsi dengan design dan fitur yang cukup updated; dan juga kemudahan dalam aftersales baik service maupun parts, serta tentu saja resale value," urainya kepada Kontan.co.id, Selasa (4/2).

Oleh karena itu strategi APM ini ialah kami bagaimana bisa terus memastikan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Di segmen LMPV Toyota memiliki line up Avanza yang dikenal sebagai mobil sejuta umat, dimana model ini telah mengalami penyegaran awal tahun lalu.

Baca Juga: Mulai dari Honda Jazz hingga Camry, pilihan mobil bekas Rp 100 jutaan

Sepanjang tahun lalu TAM masih menjadi pemimpin pangsa pasar di LMPV dengan penjualan Avanza sebanyak 86.374 unit atau menyumbang 37,8% dari total volume segmen ini pada tahun 2019. Henry bilang TAM hanya menargetkan agar pangsa pasar Avanza di tahun 2020 ini dapat bertahan sama seperti tahun lalu.




TERBARU

Close [X]
×