kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Metrodata Electronics kembangkan artificial intelligence di berbagai sektor bisnis


Senin, 06 September 2021 / 18:29 WIB
Metrodata Electronics kembangkan artificial intelligence di berbagai sektor bisnis
ILUSTRASI. Kantor PT Metrodata Electronics Tbk di APL Tower Jakarta.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya di bidang solusi digital serta distribusi hardware dan software, terus gencar melakukan inovasi dan menawarkan beragam solusi Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning untuk membantu berbagai industri menjawab tantangan bisnis yang kompleks melalui analisis lanjutan atau prediktif dan preskriptif.

Berbagai solusi yang dikembangkan oleh Metrodata mencakup beragam high-value use cases untuk setiap lini bisnis, mulai dari sales and marketing, supply chain, production, quality and maintenance, logistics, hingga support function seperti HR dan finance.

Head of Big Data & Analytics MTDL Bernardy Suhendra mengatakan, pemanfaatan AI dan Machine Learning dapat membawa pengaruh dan manfaat yang begitu besar pada perusahaan. "Proses operasional harian hingga pengambilan keputusan tingkat direksi dapat didukung oleh berbagai solusi berbasis data yang menawarkan efektivitas dan keakuratan,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (6/9).

Departemen Supply Chain and Production, misalnya, dapat mengaplikasikan ML-Based Demand Forecasting yang mampu memprediksi permintaan pasar untuk periode mendatang secara akurat, mengurangi stok berlebih, mencegah kehabisan stok, serta dapat memprediksi dengan akurat jumlah produk yang diperlukan dan lama waktu penundaan saat produk perlu diisi ulang.

Sementara itu, Departemen Marketing dapat memanfaatkan Promotion Effectiveness yang menggunakan AI dan memungkinkan organisasi untuk secara efektif menggunakan data yang dikumpulkan dari promosi sebelumnya, mengukur efektivitas, dan membuat rekomendasi untuk promosi di masa mendatang berdasarkan prediksi yang sudah dihitung. 

Baca Juga: Metrodata (MTDL) percepat tranformasi digital untuk sektor pendidikan di Indonesia

Customer Profiling merupakan tool lainnya yang dapat membantu mengembangkan kampanye pemasaran, merancang strategi dan perencanaan pemasaran secara keseluruhan, dan membantu perusahaan memahami karakteristik konsumen.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat memaksa pebisnis untuk menciptakan berbagai strategi yang bertujuan memperbarui proses di seluruh lini bisnis. Di sisi lain, pandemi Covid-19 turut menimbulkan perubahan yang begitu besar di berbagai sektor industri.

Preferensi konsumen telah berubah dipicu oleh kondisi pandemi. Kini, mayoritas konsumen cenderung lebih berhati-hati dalam membeli sebuah produk dan hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan pola perilaku konsumen.

Adaptasi dan pengembangan analisis berbasis Artificial Intelligence, Machine Learning, dan Deep Learning (AI, ML, & Deep Learning) menjadi semakin mendesak karena berbagai teknologi ini dapat membantu dunia bisnis beradaptasi dengan kemampuan untuk mempermudah proses peramalan bisnis, pengambilan keputusan, otomasi, dan pemberian rekomendasi, baik untuk kebutuhan strategis maupun operasional sebuah perusahaan.

Industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) dan manufaktur merupakan beberapa industri yang dapat memanfaatkan AI. Integrasi AI dalam industri-industri ini dapat memberikan banyak keuntungan, seperti operasional yang lebih singkat dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi produk. 

 

Industri dalam sektor ini memiliki banyak data yang tersedia, baik dari data perusahaan yang tradisional maupun data yang berasal dari Perangkat IoT (Internet of Things). Sayangnya, masih terdapat perusahaan yang kesulitan dalam menggunakan dan mengolah data tersebut sehingga dapat mengubah investasi AI menjadi keuntungan.

Metrodata telah menerapkan berbagai solusi berbasis AIML di sektor FMCG dan manufaktur. Sebagai contoh, salah satu perusahaan FMCG multinasional telah memanfaatkan solusi Image Detection yang diintegrasikan dengan WhatsApp API untuk membuat model Deep Learning yang mendeteksi ketersediaan produk di rak atau chiller toko dengan akurasi hingga 97%.

Selain itu, Metrodata sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan manufaktur, perakitan, dan distributor sepeda motor untuk menerapkan solusi Employee Recommendation for Promotional Status yang bertujuan merekomendasikan karyawan yang paling tepat untuk dipromosikan.

Sjafril Effendi, Presiden Direktur MII yang merangkap Direktur MTDL menyebut, Metrodata akan terus berinovasi dan menyediakan berbagai solusi terkini agar bisnis dan perusahaan dapat menjawab tantangan perkembangan teknologi. "Dengan berbagai efisiensi dan efektivitas yang ditawarkan AI, persaingan di berbagai sektor industri akan semakin kompetitif dan dapat menciptakan ekosistem bisnis yang sehat,” pungkas dia.

Selanjutnya: Metrodata Electeonics (MTDL) bersiap ekspansi ke perusahaan rintisan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×