kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,53   -6,82   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Pinasthika (MPMX) raih penghargaan top community centric companies in Asia


Rabu, 08 Desember 2021 / 09:28 WIB
Mitra Pinasthika (MPMX) raih penghargaan top community centric companies in Asia
ILUSTRASI. Layanan servis motor Honda oleh anak usaha PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menjadi salah satu Top Community Centric Companies in Asia dalam ajang penghargaan tahunan milik MORS Group, yakni Asia Corporate Excellence & Sustainability (ACES) Awards 2021, yang diadakan secara virtual dari Kuala Lumpur, Malaysia pada November 2021 lalu.

Ajang penghargaan ini diadakan MORS Group sebagai pengakuan terhadap perusahaan skala kecil, menengah, dan besar di wilayah Asia, yang menginspirasi dan mendukung keberlanjutan ekosistem melalui kontribusi terhadap masyarakat dan industri secara global.

GM Corporate Communication & Sustainability MPMX Natalia Lusnita menjelaskan, sebagai perusahaan, MPMX memiliki misi untuk selalu memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar. Misi tersebut diwujudkan dengan berbagai program yang berlandaskan empat pilar utama yaitu Pendidikan, Lingkungan, Sosial Ekonomi, dan Filantropi.

“Kami berterima kasih atas pengakuan yang kami terima, atas pekerjaan dan kontribusi bagi komunitas. Penghargaan ini tentunya akan menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik dan giat menciptakan program-program yang berdaya guna bagi seluruh stakeholder," kata Natalia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (7/12).

Baca Juga: Lewat sektor transportasi, anak usaha Mitra Pinasthika dorong pemulihan ekonomi

Adapun, pengembangan dan pembinaan komunitas masyarakat fokus dilakukan melalui pilar Sosial Ekonomi melalui program Life Skill Training Center dan kegiatan kampanye keselamatan berkendara bagi masyarakat pemilik kendaraan roda dua. Program Life Skill Training Center telah aktif dilakukan oleh MPMX sejak tahun 2014.

Program ini memberikan pelatihan dan pembinaan keterampilan yang diselaraskan dengan bisnis MPMX, seperti keterampilan mekanik dan tenaga pengemudi profesional yang ditujukan kepada komunitas kaum marjinal di masyarakat dan tenaga kerja sektor non-profesional. 

Melalui pelatihan ini, diharapkan komunitas atau peserta yang mengikuti memiliki keterampilan baru yang dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak, menjadi calon kandidat tenaga kerja di grup MPM, atau berwirausaha demi meningkatkan taraf hidup masing-masing. 

Sementara itu kampanye keselamatan berkendara aktif dilakukan MPMX melalui entitas anak usahanya, MPMulia atau dikenal dengan MPM Honda Jatim. Sebagai perusahaan distribusi sepeda motor terbesar untuk wilayah Jawa Timur dan NTT, perseroan berperan aktif memberikan edukasi keselamatan berkendara ke berbagai komunitas masyarakat mulai dari pelanggan, komunitas pelajar dan mahasiswa, karyawan, lembaga pemerintah, tenaga kurir, pengemudi ojek online, komunitas pengemudi roda dua lainnnya.

"Kampanye ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dalam membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan roda dua," imbuh Natalia.

 

Berdasarkan dua program utama ini, MORS Group menilai MPMX telah menjadi perusahaan yang menanamkan tanggung jawab sosial ke dalam DNA aktivitas perusahaan. Juga memiliki program yang jelas dan terstruktur sehingga dapat dilihat perkembangannya dari tahun ke tahun, serta memiliki potensi yang besar untuk ditingkatkan wilayah operasional MPM lainnya. 

Sebagai informasi, untuk bisa mendapatkan predikat Top Community Centric Companies in Asia tersebut, MPMX dan berbagai perusahaan lainnya harus melalui tahapan evaluasi yang terdiri dari penelitian pendahuluan dan uji tuntas yang dilakukan oleh MORS Group. Setiap perusahaan mengirimkan pengajuan laporan terbuka dan melakukan wawancara semi-terstruktur dengan panelis dari MORS Group yang terdiri dari berbagai tim ahli.

Tahap berikutnya, MORS Group melakukan pengecekan ulang melalui data sekunder agar dapat menentukan perusahaan mana saja yang layak menjadi kandidat pemenang penghargaan. Tahap terakhir yang dilakukan yakni pembandingan skor oleh panelis juri dan penentuan pemenang final.

Top Community Centric Companies Award diberikan kepada berbagai perusahaan yang telah memperkaya komunitas mereka melalui berbagai inisiatif penjangkauan dan pengembangan. Bergerak di luar “filantropi”, program-program ini diselaraskan dengan kegiatan bisnis inti dan dirancang untuk mempromosikan komunitas yang mandiri secara sosial ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×