kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitsubishi Power rampungkan inspeksi sistem GTCC pembangkit listrik Muara Karang


Jumat, 29 Oktober 2021 / 04:15 WIB
Mitsubishi Power rampungkan inspeksi sistem GTCC pembangkit listrik Muara Karang


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mitsubishi Power telah menyelesaikan instalasi, pengujian dan inspeksi (commissioning) sistem pembangkit listrik GTCC berbahan bakar gas alam 500 megawatt (MW) untuk Pembangkit Listrik Muara Karang yang telah beroperasi komersial. Selain itu, Mitsubishi Power juga mendukung upaya pemeliharaan dan pengelolaan sistem GTCC melalui pemantauan jarak jauh dan penempatan teknisi penuh waktu di lokasi setelah dimulainya operasi.

General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) PLN, Ratnasari Sjamsudin mengatakan, pihaknya menyambut baik pencapaian ini. Dia mengatakan bahwa pembangkit ini merupakan pembangkit penting yang memasok listrik ke fasilitas penting di wilayah metropolitan.

“Kami dari PLN sangat mengapresiasi kinerja baik dari Mitsubishi Power dan kontribusinya untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi dan memampukan PLN untuk dapat memulai kegiatan operasional satu bulan lebih awal dari yang dijadwalkan meskipun dengan berbagai kendala seperti COVID-19,” kata Ratnasari dalam siaran pers.

Baca Juga: Kementerian ESDM bakal dorong pemanfaatan CCUS untuk kurangi emisi karbon

Pembangkit Listrik Muara Karang terletak kurang lebih 10 kilometer barat laut dari pusat ibu kota Jakarta. Dengan letaknya tersebut, pembangkit listrik ini diyakini akan berperan penting dalam mendukung pembangunan perkotaan dengan memenuhi peningkatan permintaan listrik di seluruh wilayah Jawa Barat yang berpusat di Jakarta, memfasilitasi pembangunan infrastruktur sistem transportasi perkotaan seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT), dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi berkelanjutan di Indonesia, khususnya Kota Jakarta.

Sistem GTCC dipasang di lokasi yang bersebelahan dengan kompleks pembangkit listrik Muara Karang yang sudah ada. Bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), Mitsubishi Power mendapatkan kontrak engineering, procurement, and construction (EPC) untuk sistem pembangkit listrik GTCC. Dalam proyek ini, Mitsubishi Power memasok turbin gas M701F, sementara Mitsubishi Electric Corporation memasok sistem generator listrik.

Baca Juga: PLN pasang gas turbine type M701 F5 di PLTGU Muara Karang Peaker

Presiden Direktur Mitsubishi Power Indonesia Kazuki Ishikura mengatakan bahwa persoalan lingkungan perlu menjadi prioritas dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Hal ini menurut Kazuki berimbas pada meningkatnya kebutuhan akan pembangkit listrik yang stabil dan ramah lingkungan. 

“Mitsubishi Power berkomitmen untuk mendukung peningkatan kebutuhan tersebut di Indonesia dengan teknologi turbin gas kami yang dapat mengurangi emisi CO2 secara signifikan jika dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga batu bara konvensional, seraya memastikan produksi listrik yang stabil dan berkelanjutan,” kata Kazuki.

Baca Juga: Perusahaan Jepang berminat kerja sama bangun pembangkit listrik berbasis biomassa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×