kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mobil Listrik Baru Banjiri Pameran IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran


Jumat, 16 Februari 2024 / 09:31 WIB
Mobil Listrik Baru Banjiri Pameran IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran
Pengunjung melihat mobil yang dipamerkan dalam Indonesian International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024). Pameran otomotif IIMS 2024 yang berlangsung 15-25 Pebruari itu diikuti 53 merek kendaraan dan 187 peserta dari berbagai sektor dengan target transaksi mencapai Rp5,3 triliun. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nym.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah produsen otomotif, baik pemain lama maupun pemain baru, berbondong-bondong memperkenalkan mobil listrik anyar melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sebagai salah satu penguasa pasar mobil listrik nasional meluncurkan All New Hyundai Kona Electric (EV). Model ini kini tampil lebih elegan dibandingkan varian lamanya.

Hyundai masih merahasiakan harga resmi Kona EV terbaru. Walau begitu, terdapat sinyal bahwa harga New Kona EV akan lebih terjangkau untuk ukuran segmen premium, mengingat model tersebut bakal diproduksi langsung di Indonesia. Sebagai gambaran, Kona EV lama dibanderol mulai dari Rp 750 juta.

Baca Juga: IIMS 2024, Wuling Luncurkan Mobil Listrik Baru, Cloud EV

"Momen ini (IIMS) kami gunakan untuk mempelajari minat konsumen terhadap Kona EV," kata Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motors Indonesia Franciscus Soerjopranoto ketika ditemui KONTAN di IIMS 2024, Kamis (15/2).

Dia yakin penjualan mobil listrik Hyundai akan terus tumbuh, apalagi potensi pasar di Indonesia sangat besar. Saat ini, kontribusi penjualan mobil listrik baru mencapai 2% dari total penjualan mobil nasional. Jika penjualan mobil nasional ingin konsisten di level 1 juta unit per tahun, maka kontribusi penjualan mobil listrik harus diperbanyak.

Wuling Motors turut memperkenalkan untuk pertama kalinya eksterior dan interior mobil listrik Cloud EV di Indonesia. Model bertipe hatchback ini memiliki desain yang terinsipirasi dari awan yang mengutamakan kenyamanan, kesederhanaan, dan efisien.

Baca Juga: Sejumlah Mobil Listrik Baru Siap Mejeng di IIMS 2024

"Cloud EV memiliki jarak tempuh sejauh 450--505 kilometer (km)," ujar Dian Asmahani Sales & Marketing Director Wuling Motors dalam acara yang sama, Kamis (15/2).

Seperti halnya Hyundai, Wuling juga belum mengumumkan harga Cloud EV kepada publik. Wuling pun tampak agresif berkecimpung di sektor mobil listrik. Pertengahan November 2023, Wuling merilis BinguoEV dan mampu meraih lebih dari 3.000 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

MG Motor Indonesia juga getol menambah portofolionya di segmen mobil listrik. Setelah merilis MG 4 EV (harga mulai dari Rp 433 juta) dan MG ZS EV (Rp 453 juta) yang diproduksi langsung di Indonesia, mereka kembali memperkenalkan dua model baru yakni New MG Maxus 9 EV dan New MG ES EV.

MG Maxus 9 EV merupakan MPV elektrik premium dengan kapasitas 7 penumpang yang mampu melaju hingga 500 km. Model ini memiliki kemampuan fast charging secara penuh dalam 36 menit.

Baca Juga: Mercedes-Benz Akan Kembali Meluncurkan Beberapa Model Mobil Listrik Baru Tahun Ini

Adapun MG ES EV merupakan station wagon yang mampu menjangkau jarak 412 km dan bisa mengisi daya baterai dari 0% sampai 80% dalam 40 menit.

Sayangnya, MG belum merilis harga resmi untuk MG Maxus 9 EV dan MG ES EV. "Kami sedang pelajari mendalam peluang kedua model tersebut untuk diproduksi lokal," tutur Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, Kamis (15/2).

MG sendiri mengincar reservasi untuk MG Maxus 9 EV dan MG ES EV sebanyak 1.000 unit pada ajang IIMS 2024.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×