kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

MRT Jakarta: Stasiun Glodok - Stasiun Kota Sudah Terhubung


Kamis, 04 Juli 2024 / 18:14 WIB
MRT Jakarta: Stasiun Glodok - Stasiun Kota Sudah Terhubung
Mesin pengebor terowongan proyek MRT Jakarta yang telah rampung menghubungkan Stasiun Glodok - Kota. 


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MRT Jakarta (Perseroda) menyatakan bahwa Stasiun Glodok dan Stasiun Kota kini telah terhubung. Hal ini ditandai dengan selesainya pembangunan terowongan Stasiun Glodok menuju Stasiun Kota oleh mesin bor terowongan (tunnel boring machine/ TBM) 1.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo menyampaikan TBM 1 merupakan terowongan sepanjang 244,5 meter dengan kedalaman 23,75 meter. Pembangunan TBM 1 memakan waktu selama sekitar 105 hari. 

"Selanjutnya, mesin bor berdiameter sekitar 6,7 meter tersebut, akan membangun terowongan dengan titik mulai dari Stasiun Kota menuju Stasiun Glodok," jelasnya, Kamis (4/7). 

Baca Juga: HK Fokus Garap Proyek PSN Jalan Tol dan Bendungan pada Kuartal II 2024

Ia melanjutkan, Stasiun Glodok dan Stasiun Kota merupakan dua stasiun yang dibangun dalam konstruksi fase 2A Bundaran HI—Kota. Keduanya dikerjakan dalam paket kontrak CP203 dengan total panjang jalur dari Stasiun Mangga Besar hingga Kota sekitar 1.400 meter.

Lebih lanjut, Stasiun Glodok terdiri dari dua lantai dengan panjang stasiun sekitar 240 meter, lebar 19,8 meter, dan berada di kedalaman hingga 18,45 meter.

Sementara itu, Stasiun Kota terdiri dari tiga lantai, dengan panjang stasiun sekitar 231,2 meter, lebar 17,3 meter, dan berada di kedalaman 23,75 meter. 

Kedua stasiun ini ditargetkan selesai pada 2029 mendatang. Hingga 25 Juni 2024 lalu, perkembangan konstruksi fase 2A telah mencapai 37,55%.

Adapun rinciannya adalah sebagai berikut: 

Paket kontrak CP201 (Stasiun Thamrin dan Monas): 78,50%

Paket kontrak CP2022 (Stasiun Harmoni, Sawah Besar dan Mangga Besar): 32,22 %

Paket kontrak CP2023 (Stasiun Glodok dan Kota): 57,89%

Paket kontrak CP205 (sistem perkeretaapian dan rel): 4,52%

Paket kontrak CP206 (kereta): evaluasi dokumen tender, dan 

Paket kontrak CP207 (sistem pembayaran): call for tender

"PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh pihakyang terus mendukung pembangunan Fase 2A. Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mengimbau agar para pengguna jalan dan angkutan umum senantiasa memerhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di sekitar area pembangunan," pungkasnya. 

Baca Juga: 6 Titik Keberangkatan Bus DAMRI Rute Jakarta-Lampung di Gambir, Cek Tarifnya

Selanjutnya: Aeon Mall Deltamas Hadirkan Aeon Mall Indonesia Badminton Cup 2024

Menarik Dibaca: 5 Kesalahan Pakai Cushion yang Harus Dihindari, Bikin Cakey dan Mudah Rusak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×