kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai banyak aktivitas bekerja, trafik internet di perkantoran mulai pulih


Jumat, 26 Juni 2020 / 09:00 WIB
Mulai banyak aktivitas bekerja, trafik internet di perkantoran mulai pulih


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu indikator mulai banyaknya masyarakat beraktivitas bekerja, bisa terlihat dari jaringan internet. Salah satunya  Biznet, perusahaan infrastruktur digital dan terintegrasi di Indonesia ini mengaku trafik internet di segmen korporasi atau perkantoran berangsur normal sejak dua pekan terakhir.

Vice President Marketing Biznet, Yudie Haryanto, mengatakan trafik internet di perkantoran; gedung-gedung perkantoran mulai naik, sejak dua pekan terakhir. Padahal semula trafik di kawasan perkantoran ini trafiknya kecil akibat banyak kantor tutup dan melakukan kebijakan work from home. "Trafik internet di kawasan perkantoran baru pulih sekitar 50 persen dibandingkan sebelum pandemi. Sejak pemerintah melakukan PSBB, trafik kawasan perkantoran sebenarnya tidak benar-benar hilang.  Karena masih ada layanan yang membutuhkan akses internet di masa pandemi, biasanya untuk akses remote karyawan atau kebutuhan kerja jarak jauh," jelas Yudie, Kamis (25/6).

Sementara trafik perkantoran mulai menanjak, trafik internet Biznet di segmen ritel dan perumahan sudah meningkat 30 persen dari sebelum masa pandemi. Menurut Yudie, kenaikan trafik baik di segmen perumahan maupun perkantoran masih bisa dilayani Biznet dengan baik, karena kapasitas bandwidth Biznet masih cukup besar.

Karena sejak tahun lalu Biznet melakukan up-grade perangkat-perangkat router sehingga kapasitasnya di Indonesia Internet Exchange (IIX) dan internasional cukup besar. Selisih atau gap antara kenaikan trafik yang 30% itu dengan kapasitas masih lebar/besar sehingga Biznet tidak khawatir. Meski mulai menyasar pasar ritel, namun mayoritas pendapatan Biznet masih dari korporat, sekitar 80%. Sementara dari sisi jumlah pelanggan, antara korporat dan ritel hampir sama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×