kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45933,51   -30,21   -3.13%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mulai dijual, iPhone padati pasar ponsel premium


Jumat, 22 Desember 2017 / 19:36 WIB
Mulai dijual, iPhone padati pasar ponsel premium


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persaingan ponsel premium masih terus berlanjut di dalam negeri. Dua brand yang terus bersaing memperebutkan pasar high end yakni Samsung dan Apple terus merilis produk-produk terbarunya.

Mendekati akhir tahun 2017, tiga produk premium iPhone resmi dijual di Indonesia yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Penjualannya dibuka mulai hari ini, Jumat (22/12).

Ketiga produk itu dibanderol dengan harga double digit. iPhone X dibanderol dengan harga Rp 18 juta untuk versi 64 GB dan Rp 20,8 juta untuk 256 GB. Sementara iPhone 8 dijual seharga Rp 12,6 juta untuk 64 GB dan Rp 15,4 juta untuk 256 GB. Adapun harga iPhone 8 Plus untuk 64 GB Rp 14,5 juta dan rp 17,2 juta untuk 256 GB.

Padahal seri sebelumnya yakni iPhone 7 dan iPhone 7 Plus baru resmi dijual di Indonesia pada akhir Maret 2017 lalu. Harganya pun mencapai double digit.

Sementara Samsung, sepanjang tahun ini juga merilis dua seri terbarunya yang dijual di atas harga Rp 10 juta. Pada Mei 2017, Galaxy S8 dan S8 Plus resmi dijual di Indonesia dengan harga masing-masing Rp 10,5 juta dan Rp 11,9 juta. Lalu Galaxy Note 8 dirilis pada September lalu dengan harga Rp 13 juta.

Direktur Pemasaran dan Komunikasi PT Erajaya Swasembada, Djatmiko Wardoyo mengatakan, penjualan seluler masih mengalami pertumbuhan meskipun daya beli masyarakat masih lesu. "Kalau optimis target penjualan Rp 24 triliun tahun ini akan tercapai, naik dari Rp 20 triliun tahun lalu. Jadi daya beli turun itu relatif, buktinya industri seluler masih tumbuh," jelas Djatmiko, Jumat (22/12).

Memang pangsa pasar terbesar industri seluler masih merupakan segmen menengah. Djatmiko bilang, penjualan tertinggi di industri seluler secara nasional untuk semua brand ada di kisaran harga Rp 2 juta-Rp 3,5 juta.

Kendati begitu, lanjutnya, segmen premium adalah pasar yang sangat menarik di industri seluler. Pasalnya, segmen atas ini selalu memiliki pasar yang sangat antusias setiap kali ada peluncuran seri-seri terbaru berbagai brand. "Segmen premium yang double digit ini memang punya pasar yang kuat. Tapi kami tidak bisa memecah berapa kontribusi ke penjualan tahun ini," kata Djatmiko.

Erajaya merupakan distributor yang digandeng Apple untuk memasarkan flagship teranyarnya. iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X mulai dipasarkan di jaringan gerai Erajaya seperti Ibox, Megastore Erajaya, Urban Republik dan Erajaya.

Tapi, Djatmiko tidak menyebutkan berapa target penjualan dari iPhone seri terbaru tersebut atau porsi penjualan ponsel premium di Erajaya tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×