kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim Dingin Membuat Permintaan Batubara Naik


Rabu, 12 Desember 2012 / 09:00 WIB
Musim Dingin Membuat Permintaan Batubara Naik
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat meresmikan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko, Senin (9/8).


Reporter: Muhammad Yazid | Editor: Azis Husaini

Lihat saja produksi batubara selama November lalu yang mencapai 46 juta ton. Produksi ini naik 39,4% dibandingkan dengan produksi pada September yang hanya sebanyak 33 juta ton. Edi Prasodjo, Direktur Pengusahaan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mengatakan, dengan tambahan produksi pada bulan lalu, maka jumlah produksi batubara selama periode Januari-November 2012 mencapai 356 juta ton.
"Melihat besaran realisasi tersebut, dan perbandingan dari rencana produksi 2012, yakni sebanyak 332 juta ton hingga 386 juta ton, bisa dikatakan tidak ada hambatan yang cukup berarti pada produksi batubara di tahun ini," kata dia ke KONTAN, Selasa (11/12).


Menurut Edi, dari total produksi Januari-November, sebanyak 260 juta ton diekspor. Selain itu, sebanyak 88 juta ton dijual di dalam negeri, dan sisanya sebanyak 8 juta adalah total stok perusahaan batubara.


Kalau diperinci lagi, pasokan batubara domestik, sebanyak 51 juta ton untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), baik milik PT PLN maupun swasta. Sedangkan sisanya diserap industri pupuk, petrokimia, maupun trader batubara.


Edi berharap, musim dingin di belahan bumi utara akan meningkatkan ekspor batubara. Karena itu, harga batubara pun mulai merangkak naik. "Kenaikan harga saat ini memang pengaruh musim dingin, tapi belum terlalu signifikan kenaikan harganya," ujarnya.


Berdasarkan harga batubara acuan (HBA) yang diterbitkan Ditjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, pada Desember 2012 ini, HBA yang ditetapkan mencapai US$ 81,75 per ton, atau naik tipis dibanding harga acuan selama November, sebesar US$ 81,44 per ton.


Selain itu, sambung dia, peningkatan produksi batubara dalam negeri selama sebulan lalu juga didorong dari tambahan data yang baru masuk dari perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP). "Ada kekurangan data-data produksi yang belum masuk di bulan-bulan sebelumnya yang kami masukkan pada November ini," kata Edi.


Naik US$ 100 per ton


Supriatna Sahala, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI) mengatakan, selama bumi utara dilanda musim dingin, permintaan batubara masih akan terus meningkat.


Menurut dia, APBI optimistis, target atas produksi yang dipatok sebesar 382 juta ton bisa tercapai hingga akhir Desember nanti.
Ia menambahkan, sekarang ini harga batubara berkalori tinggi mencapai US$ 95 per ton, atau jauh meningkat dibandingkan dengan tiga atau empat bulan lalu yang hanya US$ 86 per ton.


Menurutnya, harga tersebut berpotensi untuk terus meningkat hingga pertengahan tahun depan. "Peningkatan harga batubara tentunya akan mendorong pertumbuhan produksi batubara nasional di akhir tahun ini," kata dia.


Meski begitu, Supriatna menjelaskan, sejatinya stok pasokan batubara di pasar internasional masih melimpah. Nah, yang terjadi saat ini hanyalah peningkatan permintaannya saja.


Dengan demikian, ia memproyeksikan, peningkatan harga nantinya tidak dapat mencapai harga jual batubara seperti 2011 silam yang mencapai US$ 120 per ton. Supriatna memprediksi, peningkatan harga hanya akan mencapai US$ 100 per ton.

Muhammad Yazid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×