kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ninja Xpress kirim lebih dari 15 juta paket selama masa PPKM darurat


Sabtu, 21 Agustus 2021 / 16:52 WIB
Ninja Xpress kirim lebih dari 15 juta paket selama masa PPKM darurat
ILUSTRASI. Pengiriman Ninja Xpress meningkat lebih dari 80% dibandingkan semester pertama 2020.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 dan pembatasan mobilitas masyarakat mendongkrak sektor jasa logistik. Salah satu penyedia layanan jasa pengiriman, Ninja Xpress, mencatatkan lonjakan pengiriman pada masa Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang digelar sejak 3 Juli 2021.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengungkapkan, adanya keterbatasan mobilitas membuat logistik kembali memegang peranan penting. Ninja Xpress mencatatkan adanya permintaan pengiriman lebih dari 15 juta  paket selama masa PPKM Darurat diberlakukan yang didominasi oleh kategori paket berukuran kecil (paker yang berukuran maksimal 20x11x7cm) yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti baju, jam tangan, kacamata dan lainnya.

Sedangkan kategori jenis paket lainnya dibagi menjadi paket medium (30x20x12cm) dan paket besar (35x30x20cm). "Ninja Xpress memastikan memberikan pelayanan maksimal yang dibuktikan melalui succes rate sebesar 98% untuk pengantaran ke seluruh Indonesia," ungkap Andi dalam siaran pers, Sabtu (21/8).

Baca Juga: Ninja Xpress catatkan pertumbuhan hingga 80% pada semester pertama 2021

Secara keseluruhan, Ninja Xpress mencatatkan jumlah pengiriman paket lebih dari 110 juta paket dengan pertumbuhan kinerja yang signifikan pada semester pertama 2021. Dalam periode enam bulan awal ini, pengiriman Ninja Xpress meningkat lebih dari 80% dibandingkan semester pertama 2020.

Andi optimistis jasa logistik akan terus memegang peranan penting sebagai penghubung di tengah kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari 17.499 pulau. "Untuk itu, kami selalu fokus memberikan layanan dan jasa pengiriman yang optimal untuk konsumen dan memberikan dukungan bagi UKM selaku shipper kami melalui berbagai program. Berkat kerjasama yang baik dengan seluruh pihak, Ninja Xpress memperoleh pencapaian yang baik pada semester 1 tahun 2021," imbuh Andi.

Pada semester pertama 2021, tujuan pengiriman Ninja Xpress terbanyak berada di Jakarta (26%), Jawa Barat (22%), dan Jawa Tengah (6%) dan sisanya tersebar di seluruh Indonesia. Begitupun dengan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (44%), Jawa Barat (35%), dan Jawa Tengah (13%). 

Baca Juga: Pinjam Modal resmi bekerjasama dengan Ninja Xpress

Dibanding dengan semester I-2020, Ninja Xpress mencatatkan daerah pengiriman terbanyak berasal dari Jakarta (69%), Jawa Barat (20%), dan Jawa Timur (6%). Dengan adanya pergeseran persentase pengiriman terpusat dari dan menuju Jakarta, diharapkan adanya pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia.

Di sisi lain, Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat berperan strategis terhadap perekonomian nasional. Adapun UKM yang terdaftar dalam Ninja Rewards mengalami peningkatan signifikan selama PPKM darurat yang berasal dari wilayah Kabupaten Banyumas, Kota Jakarta Barat, Kota Cirebon, dan Kota Surabaya dengan rata-rata berjualan pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan skin care.

Fasilitas permodalan dapat dimanfaatkan pelaku UKM melalui program loyalitas Ninja Rewards. Ninja Rewards merupakan komitmen Ninja Xpress sebagai bentuk kepedulian kepada pelaku UKM atau shipper yang setia menggunakan layanan Ninja Xpress, yang diwujudkan dalam berbagai program penghargaan.

Baca Juga: Pengiriman barang melesat, Ninja Xpress fokus tingkatkan layanan dan inovasi

Semua jenis program penghargaan ini diharapkan mampu membantu pelaku UKM atau shipper untuk berkembang lebih cepat seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal.

"Strategi kami di semester kedua, kami bertanggung jawab untuk memaksimalkan dan mengevaluasi layanan demi menghadapi peningkatan pengiriman guna memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna,” tutup Andi.

Baca Juga: Ninja Xpress apresiasi rencana insentif ongkir belanja online dari pemerintah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×