Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi
JAKARTA. Persaingan kendaraaan di segmen city car yang makin ketat membuat PT Nissan Motor Indonesia (NMI) harus mengatur strategi untuk mempertahankan pasarnya. Apalagi, beberapa bulan terakhir, pasar segmen ini mulai disesaki dengan pendatang baru, yakni Ayla dan Agya.
Salah satu strategi yang dilakukan NMI adalah dengan meluncurkan varian mobil baru, yakni New Nissan March yang berkapasitas silinder 1.500 cc (1,5 liter), lebih besar dari generasi sebelumnya yang sebesar 1.200 cc.
Vice President National Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia Yoshiya Horigume mengatakan, peluncuran mobil murah berkapasitas 1.200 cc di pasar mobil nasional beberapa bulan lalu membuat pasar mobil di segmen city car semakin kompetitif. Makanya, "Dengan adanya mobil murah, konsumen membutuhkan fitur yang lebih tinggi dari yang sudah ada," ujarnya, Selasa (3/12).
Tahun ini, Nissan menargetkan bisa menjual Nissan March sebanyak 1.000 unit per bulan. Dari jumlah itu, sekitar 7.000 unit dikontribusi dari Nissan March 1.200 cc. "Sedangkan 3.000 unit sisanya dari Nissan March yang berkapasitas 1.500 cc," kata Yoshiya.
Asal tahu saja, segmen city car di Indonesia memberi kontribusi 16% dari total pangsa pasar mobil nasional. Dari jumlah itu, NMI yakin bisa merebut pangsa pasar 8% - 10%. Hingga akhir tahun fiskal 2013, NMI menargetkan bisa menjual 70.000 unit mobil di Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News