kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pada Tahun Ini, Summarecon Agung (SMRA) Siapkan Belanja Modal Rp 700 Miliar


Sabtu, 17 Juni 2023 / 14:20 WIB
Pada Tahun Ini, Summarecon Agung (SMRA) Siapkan Belanja Modal Rp 700 Miliar


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA) menyiapkan belanja modal atau capex  sebesar Rp 700 miliar di tahun 2023. Rencananya penggunaan capex itu digunakan untuk mengakuisisi lahan baru dan mengembangkan proyek-proyek baru. 

Corporate Secretary Summarecon Agung Jemmy Kusnadi mengatakan sampai dengan kuartal I-2023, realisasi penggunaan capex sudah mencapai Rp 300 miliar. 

“Realisasi capex ini untuk akuisisi lahan serta pengembangan infrastruktur properti. Untuk akuisisi lahan kita lakukan di lokasi-lokasi yang eksisting,” kata Jemmy.

Dia mengatakan dalam melakukan akuisisi lahan, rata-rata kebutuhan dana yang dibutuhkan bisa mencapai Rp 400 miliar. 

Baca Juga: Mega Perintis (ZONE) Targetkan Penjualan Rp 770 Miliar Sepanjang Tahun Ini

Sementara untuk pengembangan proyek baru, tahun ini SMRA akan menggarap dua proyek mall yakni Summarecon Mall Bandung dan Summarecon Villaggio Jakarta Luxury Outlet (SVJLO) di Summarecon Emerald Karawang, Jawa Barat yang akan dibuka pada Kuartal 4-2023 mendatang.

Sementara Summarecon Mall Bandung ditargetkan bisa dibuka pada kuartal I/2024 mendatang. Perseroan berharap tingkat okupansi mall bisa mencapai 70% sampai 75%. 

Perseroan melihat semakin terkendalinya COVID-19 dan pelonggaran PPKM mengakibatkan pusat perbelanjaan yang tersebar di Jabodetabek menjadi penopang utama dari pendapatan berkelanjutan atau reccuring income.

Terutama dalam unit bisnis di mall  Kelapa Gading menghasilkan pendapatan terbesar (46%), diikuti oleh Serpong (33%) dan Bekasi (21%). 

“Prospek untuk pusat perbelanjaan juga masih akan terus membaik dengan terkendalinya COVID-19,” ujar dia. 

Baca Juga: Tahun Ini, Mega Manunggal Property (MMLP) Siapkan Capex Rp 200 Miliar

Dalam catatan KONTAN, SMRA memasang target prapenjualan (marketing sales) yang konservatif tahun 2023. Emiten properti ini membidik marketing sales sebesar Rp 5 triliun. Di mana target tahun ini mengandalkan dari proyek-proyek eksisting. 

Adapun, proyek penjualan residensial juga diperkirakan akan memberikan kontribusi pendapatan terhadap perseroan. Hal itu tergambar di tahun 2022 di mana raihan marketing sales di dominasi 75% dari residensial dengan range harga perumahan Rp 1,5 miliar sampai Rp 2,5 miliar, kemudian penjualan ruko 9% dan apartemen 4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×