kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakai teknologi satelit terbaru, Ubiqu hadirkan internet di pelosok


Jumat, 01 November 2019 / 13:39 WIB
Pakai teknologi satelit terbaru, Ubiqu hadirkan internet di pelosok
ILUSTRASI. Internet satelit Ubiqu, kini hadir dengan semakin menarik dan terjangkau


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan telekomunikasi berbasis satelit swasta tertua di Indonesia, melalui solusi internet satelit Ubiqu, kini hadir dengan semakin menarik dan terjangkau.

Dengan menggunakan kekuatan satelit yang baru diluncurkan pada awal tahun ini, Nusantara Satu, Ubiqu dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia yang selama ini susah sinyal atau tidak terlayani oleh jaringan internet yang ada, misal di pulau terluar, gunung, hutan, dan tempat lainnya. 

Baca Juga: PSN geber layanan internet satelit Ubiqu-Sinyalku

Direktur Niaga PSN Agus Budi Tjahjono mengatakan, Ubiqu memiliki slogan “Internet dari Langit” yang berarti internet Ubiqu akan dipancarkan langsung dari langit melalui teknologi satelit, sehingga seluruh masyarakat terutama di daerah pelosok sudah dapat menikmati internet satelit Ubiqu milik PSN, di manapun mereka berada di Indonesia. 

“Ubiqu telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Namun dengan menggunakan Nusantara Satu yang merupakan satelit berkapasitas tinggi dengan teknologi terbaru yakni High Throughput Satellite (HTS), membuat internet satelit yang kami tawarkan ke masyarakat menjadi solusi yang paling terjangkau dibanding provider sejenis lainnya di Indonesia, karena memiliki kuota yang lebih besar, kecepatan lebih tinggi, namun lebih hemat di kantong,” ujar Agus dalam siaran pers hari ini.

Agus menjelaskan secara rinci mengenai Internet dari Langit yang menjadi semangat Ubiqu. Selama masih menghadap langit dan tidak terhalang dengan benda lain seperti pohon, rumah, dan sebagainya, internet satelit Ubiqu dapat langsung menyala dan memancarkan internet. 

Sejak 2017, Ubiqu telah menggelar ribuan titik di seluruh Indonesia dengan menjadi solusi koneksi internet untuk di instansi pemerintahan, swasta/perusahaan, sekolah, pedesaan (kantor desa), Usaha Kecil Menengah (UKM), puskesmas, dan berbagai sektor pelayanan masyarakat lainnya. 

Baca Juga: PSN bakal luncurkan 3 satelit berkapasitas jumbo

“Mungkin bagi masyarakat di perkotaan yang sudah sangat terfasilitasi, sambungan internet bukan lagi permasalahan besar. Namun bagi masyarakat Indonesia di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), internet satelit menjadi solusi dan berdampak positif untuk mereka. PSN melalui Ubiqu menjadi bagian untuk mengurangi digital gap di seluruh wilayah di Indonesia,” jelasnya. 

General Manager Marketing PSN Meidiyanto Andwiputro menjelaskan, dengan menggunakan satelit terbaru PSN yakni Nusantara Satu, Ubiqu kini memiliki layanan terbaru, yakni Ubiqu Xtra: Xtra Kuota, Xtra Cepat, Xtra Hemat.

Dengan demikian, seluruh layanan Ubiqu akan memiliki kuota internet lebih besar, lebih cepat, sedangkan dari sisi harga berlangganan tetap sama sehingga pelanggan akan lebih hemat. 

Ubiqu juga menggunakan teknologi satelit terbaru sehingga kendala-kendala sebelumnya seperti cuaca buruk tidak lagi menjadi suatu hambatan berarti bagi kelancaran layanan internet ke pelanggan Ubiqu. Disamping teknologi yang mumpuni, Ubiqu juga melengkapi pelayanan dengan hadirnya teknisi handal di seluruh Indonesia. 

Ubiqu memiliki tantangan, yakni pada proses pendistribusian dan pemasangan perangkat satelitnya. Misalnya untuk mengirimkan satu paket perangkat Ubiqu ke area pelosok saja dapat menempuh seharian penuh dengan akses transportasi yang tidak mudah.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia dan China bahas kerja sama peluncuran satelit

Namun hal ini tidak menghentikan Ubiqu untuk terus memberikan layanan internet yang terbaik agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Ubiqu murni produk komersial yang dikeluarkan PSN, namun kami juga memiliki tugas untuk terus melayani masyarakat dan membantu pemerintah dengan melakukan pemerataan komunikasi. Ubiqu, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mewujudkan keadilan sosial, salah satunya terkait perolehan informasi. Sebagai contoh, saat ini Ubiqu telah menjadi solusi utama bagi masyarakat di Jayawijaya, Papua, untuk dapat memperoleh akses internet.” jelasnya. 

Sekadar informasi Ubiqu adalah layanan internet satelit broadband dari PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) yang siap menebarkan Internet dari Langit dengan akses yang lebih cepat untuk seluruh wilayah Indonesia di mana saja Anda berada, baik di desa, pegunungan, kepulauan hingga ke kota dengan tingkat layanan yang sama.

Baca Juga: Pasifik Satelit Nusantara kantongi kontrak membangun satelit multifungsi

Karena Ubiqu menggunakan satelit sehingga dapat dipasang di mana saja di seluruh Indonesia baik di kota, di desa, daerah pegunungan, kepulauan bahkan dapat melayani hingga ke daerah pelosok atau remote area yang tidak ada jaringan komunikasi terrestrial seperti radio, GSM, kabel, atau fiber optik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×