kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,40   2,76   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panasonic garap pasar korporasi


Kamis, 14 April 2016 / 12:39 WIB
Panasonic garap pasar korporasi


Reporter: Issa Almawadi | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Perusahaan elektronik asal Jepang, PT Panasonic Gobel Indonesia akan menjajal segmen pasar baru tahun ini. Usai menyasar segmen pasar elektronik untuk ritel, Panasonic akan menggarap segmen pasar institusi dan korporasi.
 
Untuk merambah pasar institusi dan korporasi ini, Panasonic menjagokan produk pendingin udara alias air conditioning (AC). Achmad Razaki, Associate Director PT Panasonic Gobel Indonesia bilang, Panasonic akan memperluas cakupan pemasaran selain untuk ritel atau end user customer.

"Tahun ini kami konsentrasi AC segmen institusi dan korporasi. Nanti kami jual ke gedung-gedung, hotel dan rumah sakit," terang Razaki, Rabu (13/4). Hanya saja, Razaki masih enggan menyebut berapa target kontribusi penjualan AC untuk segmen high capacity tersebut.

Razaki menyatakan, penjualan AC merupakan kontributor terbesar pendapatan Panasonic di Indonesia. Selain AC, produk Panasonic lainnya adalah refrigerator, TV, kulkas dan mesin cuci.

Selain pasar korporasi, Panasonic akan memperluas pasar khususnya ke Indonesia bagian Timur. "Kami harus tetap eksis di pasar," ujarnya. Untuk memperkuat pasar wilayah timur, Panasonic akan menambah service center.

Tadaharu Taguchi, Vice President of PT Panasonic Gobel Indonesia menambahkan, Indonesia merupakan salah satu pasar elektronik terbesar di Asia. "Kami menganggap, Indonesia paling penting di Asia," kata Taguchi.

Selain jumlah penduduk yang banyak, pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang stabil menjadi faktor positif bagi bisnis elektronik. Maka itu, Panasonic akan menambah produk baru untuk meningkatkan pangsa pasar.

Tahun ini, Panasonic Gobel Indonesia mematok target pertumbuhan penjualan 20% ketimbang penjualan 2015. Adapun tahun fiskal 2015 lalu, Hiroyoshi Suga, Presiden Direktur Panasonic Gobel bilang, pihaknya mencatat pertumbuhan 15%. "Ini prestasi saat pasar ketat," kata Suga.

Suga mengungkapkan, penjualan tumbuh karena Panasonic berusaha merilis produk inovatif untuk home appliances dan system solutions untuk konsumen Indonesia. Tahun ini, Panasonic telah menyiapkan produk baru di kategori AC, TV, kulkas, dan mesin cuci.

"Bulan lalu kami meluncurkan premium AC Sky Series Inverter. Nanti kami akan memperkenalkan TV Viera 4K PRO dengan Hexa Chrome Drive pertengahan April," ujar Suga.

Tak hanya itu, Panasonic berencana untuk meluncurkan kulkas multi pintu NR-F681GT dan mesin cuci front loading pada Mei mendatang. Hiroyoshi menambahkan, semua kategori produk tersebut diperuntukkan untuk segmen pasar premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×