kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,25   6,92   0.77%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panasonic menargetkan penjualan AC naik 25%


Rabu, 16 Maret 2016 / 16:24 WIB
Panasonic menargetkan penjualan AC naik 25%


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Dikky Setiawan

NUSA DUA. PT Panasonic Gobel Indonesia mencanangkan target kenaikan penjualan pendingin udara atau AC sebesar 25% pada tahun ini. Target kenaikan penjualan menyusul adanya potensi kenaikan daya beli konsumen pasca bergulirnya proyek konstruksi dan infrastruktur pemerintah.

Heribertus Ronny A, AC Product Manager PT Panasonic Gobel Indonesia menjelaskan, proyek infrastruktur akan menggerakkan ekonomi yang berujung kepada kenaikan daya beli. “Secara tak langsung, ekonomi bergerak penjualan AC juga akan naik,” kata Heri di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/3).

Merujuk data lembaga riset GFK tahun 2015, penjualan Panasonic diklaim menguasai 23% pangsa pasar AC yang tercatat 1,99 juta unit. Mengacu angka tersebut, maka penjualan AC Panasonic tahun 2015 berkisar di atas angka 450.000 unit.

Jika Panasonic menargetkan penjualan naik 25% dari capaian tahun lalu, setidaknya target penjualan AC Panasonic tahun 2016 naik menjadi kisaran 562.50 0 unit. “Kami menargetkan pangsa pasar 30% tahun ini dari proyeksi pasar 2 juta unit,” imbuh Heri.

Adapun sumber kenaikan penjualan AC yang terjadi tahun 2015 lalu karena didukung oleh musim kemarau panjang. Heri bilang, musim kemarau panjang dan panas yang berlebihan membuat warga tak punya pilihan lain selain memasang AC.

Terkait dengan strategi pasar tahun ini, Panasonic akan meluncurkan tiga produk AC Panasonic Sky Series Invesrter. Produk anyar tersebut menyasar kelas menengah atas yang berpenghasilan di atas rata-rata. 

Heri berharap, produk anyarnya tersebut bisa menambah lini produk AC Panasonic di pasaran. “Target pasarnya pelanggan di kota-kota besar,” kata Heri.

Hiroyoshi Suga, Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia optimistis, penjualan AC mereka di di Indonesia berpeluang untuk tumbuh lebih kencang. “Tahun lalu, bisnis kami bisa masih tumbuh saat kondisi ekonomi di Indonesia penuh tantangan,” kata Suga.

Menambah distributor

Selain menambah produk baru, Panasonic juga gencar meningkatkan promosi dan menambah jaringan penjualan. Untuk promosi, Achmad Razaki, Associate Director PT Pansonic Gobel bilang, mereka telah menambah belanja iklan tahun ini.

Untuk penambahan jaringan pemasaran, Panasonic akan menambah distribution channel di beberapa daerah. Selain itu juga menambah layanan servis center. “Setelah meresmikan servis center di Bengkulu, kami akan membuka servis center di Ambon dan Papua,” kata Achmad.

Sedangkan untuk penambahan distributor, Achmad enggan menyebutkannya dengan alasan masih menjadi rahasia perusahaan. Selain itu, Achmad menambahkan akan ada beragam promosi yang akan mereka lakukan tahun ini.

Data Pasar AC

2013 1,98 juta
2014 1,95 juta
2015 1,99 juta
2016* 2,06 juta
2017* 2,22 juta
2018* 2,36 juta
* Proyeksi
Sumber PT Panasonic Gobel Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×