Reporter: Benediktus Krisna Yogatama | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Perusahaan elektronik PT Panasonic Gobel Indonesia akan memperkuat segmen pasar korporat untuk memperkuat kinerja penjualan. Karenanya, Panasonic berusaha menjaring kerjasama dengan korporat atau business to business (B2B).
Rachmat Gobel, Presiden Komisaris PT Panasonic Gobel Indonesia, menyatakan, penguatan segmen pasar korporat dilakukan setelah Panasonic mengembangkan produk elektronik untuk pelaku bisnis. Hanya saja, Rachmat enggan menjelaskan detail target pendapatan tersebut.
Targetnya segmen pasar korporasi ini ditargetkan bisa menggenjot pendapatan sampai 300% pada 2018 mendatang. "Kami sudah punya solar lantern (lampu tenaga surya), dan lampu lighting emitting diode (LED). Selain itu kami juga menyediakan paket sistem teknologi informasi terintegrasi untuk rekan bisnis kami," kata Rachmat, kemarin.
Segmen konsumen korporat yang akan dibidik Panasonic Gobel adalah perusahaan properti, energi, infrastruktur, pangan, pertanian, keamanan dan kesehatan. Tahap awal, Panasonic akan bekerjasama dengan perusahaan yang tergabung dalam asosiasi properti Real Estate Indonesia (REI).
Panasonic Gobel Indonesia akan menawarkan kepada anggota REI untuk menerapkan konsep hunian ramah lingkungan yang efisien dalam mengkonsumsi listrik. Nah produk elektronika akan dipasok oleh Panasonic.
Meski menggarap korporasi, bukan berarti Panasonic mengurangi pelanggan tingkat konsumen ritel. "Kami masih tetap fokus di B2C. Tapi kami punya teknologi yang juga memadai untuk kalangan B2B, apalagi yang ramah lingkungan dan hemat konsumsi listrik," terangnya.
Selain menyasar segmen korporat, Panasonic juga memperkuat kerjasama dengan pemerintah lewat kerjasama business to government (B2G). Salah satu konsep yang akan ditawarkan ke pihak pemerintah adalah, pembuatan kota pintar seperti proyek Panasonic Corporation di kota pintar Fujisawa di Jepang. "Andai saja konsep itu bisa dibawa ke Indonesia," kata Rachmat berharap.
Selama ini, Panasonic Gobel Indonesia dikenal sebagai penyedia produk elektronik konsumen atau B2C. Untuk segmen konsumen ini, Panasonic memiliki produk: digital AV, kesehatan dan kecantikan, komunikasi, peralatan rumah tangga, AV profesional, telepon seluler dan car AV & navigation system.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News