Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ancaman gangguan bisnis akibat wabah virus corona (Covid-19) terus membayangi kinerja penjualan dan produksi pabrikan otomotif. Meski begitu, kondisi ini tampaknya tidak sampai mengganggu layanan purnajual sejumlah pabrikan otomotif.
Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan diler operasional dan bengkel resmi Honda masih akan tetap buka dan melayani pelanggan.
Baca Juga: Corona tekan penjualan dan kegiatan produksi mobil Daihatsu
Pelaksanaannya tentunya akan dilakukan dengan memperhatikan dan mengikuti anjuran yang ada dari pemerintah daerah setempat dan pemerintah pusat. Tidak hanya itu, pelaksanaannya juga dilakukan dengan tetap menjaga jarak sosial alias social distancing.
“Dengan menjaga social distancing, hanya sebagian karyawan saja yang masuk bekerja secara bergantian,” terang Yusak kepada Kontan.co.id pada Selasa (7/4).
Selain membuka diler operasional dan bengkel, Honda juga akan menggencarkan layanan servis ke rumah alias home service. Melalui layanan ini, Honda memberikan perawatan berkala dan perbaikan ringan mobil Honda di rumah pelanggan.
Untuk mendapatkan layanan ini, pelanggan dapat menghubungi call center di nomor 0800-14466-32 atau bisa menghubungi langsung diler yang menyediakan layanan ini. Dalam pelaksanaannya, teknisi yang diberangkatkan ke rumah pelanggan akan dilengkapi alat pelindung diri (APD).
“Program ini sudah dilaksanakan oleh sebagian diler sebelumnya. Tetapi dengan adanya Pandemi Covid-19, pelaksanaan program ini lebih diintensifkan untuk memberikan layanan kepada pelanggan yang tidak bisa datang ke diler,” ujar Yusak.
Baca Juga: Di tengah wabah corona, Suzuki Ertiga didiskon hingga Rp 20 juta
Senada, Amelia Tjandra, selaku Corporate Planning & Communications Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan pihaknya telah menyiapkan layanan servis ke rumah bernama Daihatsu Mobile Service (DMS).
“Kami menyiapkan mobile service, customer tinggal panggil, bisa servis di rumah,” jelas Amelia ketika dihubungi oleh Kontan,co.id
Adapun layanan DMS yang ditawarkan meliputi perbaikan dan perawatan seperti ganti oli, ganti, aki, tune up, dan perbaikan berkala. Layanan ini dapat diperoleh di seluruh jaringan bengkel resmi Daihatsu di seluruh Indonesia yang memiliki armada DMS.
Layanan DMS diberikan dengan menerapkan protokol keamanan standar layanan DMS. Mengacu kepada standar protokol tersebut, setiap teknisi DMS diwajibkan menggunakan alat pelindung diri masker, sarung tangan serta dibekali hand sanitizer.
Baca Juga: Honda Prospect Motor akan hentikan produksi selama 14 hari terdampak corona
Tidak hanya itu, teknisi yang diberangkatkan juga akan dipastikan kesehatannya melalui pengecekan suhu tubuh sebelum menuju ke rumah pelanggan. Sesampainya di rumah pelanggan, pelayanan diberikan dengan menerapkan physical distancing dan Salam Nusantara.
Pelanggan yang ingin memperoleh layanan ini dapat menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898, atau bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk membuat janji.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News