kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pangsa pasar Sharp sepanjang Oktober 2018-September 2019 capai 52%


Rabu, 11 Desember 2019 / 15:21 WIB
Pangsa pasar Sharp sepanjang Oktober 2018-September 2019 capai 52%
ILUSTRASI. Untuk meningkatkan pangsa pasar, Sharp Indonesia siap memasarkan produk TV 8K yang terdiri dari tiga ukuran yaitu 60 inchi seharga Rp 90 juta, 70 inchi Rp 130 juta, dan 80 inchi Rp 250 juta.

Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Terpaan ponsel pintar yang memberikan kemudahan hiburan dalam satu genggaman, sering kali dianggap mengancam fungsi dan eksistensi televisi sebagai alat elektronik penyedia hiburan.

Nyatanya, PT Sharp Electronics Indonesia justru menangkap fenomena lain dari penggunaan televisi di kehidupan sehari-hari. Pada kategori smart TV khususnya, pasar televisi menunjukkan peningkatan kuantitas hingga 52% sepanjang Oktober 2018 hingga September 2019.

Baca Juga: Menjelang akhir tahun, Sharp Indonesia tebar hadiah

Kecenderungan masyarakat yang semakin melek teknologi didukung dengan kinerja koneksi internet yang semakin membaik menjadi penyebabnya. Akibatnya, penggunaan sosial media, media hiburan seperti musik, hingga waktu menonton televisi dalam bentuk streaming, video on demand, dan broadcast pun turut naik.  Di awal tahun 2019 sendiri misalnya, rata-rata waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi pun nyaris mencapai waktu tiga jam per hari.

Oleh karena itu, Sharp Indonesia pun tak tinggal diam. Potensi pasar smart TV yang besar dan tingginya kebutuhan masyarakat akan internet yang tinggi diwadahi dengan jajaran televisi canggih nan pintar.

Di penghujung tahun 2019, Sharp Indonesia menambah lini televisi terbarunya dengan mempersembahkan SHARP Android TV dengan Google Assistant. Perpaduan benaman fitur Google Assistant dengan kecanggihan teknologi SHARP lainnya ini mampu menghadirkan pengalaman-pengalaman baru melalui perintah suara yang diarahkan pada remote.

“Peluncuran SHARP Android TV dengan Google Assistant selaras dengan janji kami untuk menghasilkan lebih banyak produk berteknologi AIoT untuk konsumen di Indonesia. Kami ingin secara bertahap mengedukasi konsumen untuk melihat kemudahan yang ditawarkan dalam setiap produk AIoT kami. Tujuannya agar mereka bisa beradaptasi dan beralih mewujudkan rumah pintar atau smart home dengan produk-produk milik SHARP lainnya, termasuk televisi. Lewat SHARP Android TV dengan Google Assistant, kami optimis dapat memperbesar pangsa pasar televisi di kategori smart TV menjadi 15% di tahun 2020,” tutur Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, dalam siaran persnya hari ini.

Baca Juga: Boeing makes progress on 737 MAX, but FAA needs weeks to review

SHARP Android TV dengan Google Assistant menyajikan cara baru beraktivitas bagi konsumen. Sesuai dengan fungsi Google Assistant itu sendiri, televisi SHARP menjajalkan kehebatan AI (Artificial Intelligence) pada televisi.  

Eksklusivitas televisi tipe ini diperkuat dengan jargon ‘Good Morning to Your New Lifestyle’, yang hadir menyapa konsumennya setiap kali menyalakan televisi di pagi hari. Dengan perintah suara, SHARP Android TV dengan Google Assistant akan menyapa konsumen dan menginformasikan berbagai hal yang diperlukan untuk memulai hari.

Informasi ini termasuk mengecek cuaca, memberitahukan agenda konsumen, membaca berita, hingga memprediksi informasi perjalanan dan waktu tempuh, dan tak terbatas pada informasi lain seputar tontonan, musik, hobi, dan banyak lagi.

Layaknya fitur Google Assistant pada ponsel, penggunaan fitur pada televisi ini pun tak jauh berbeda. Namun, Sharp Indonesia menjamin bahwa penggunaan fitur Google Assistant melalui televisi justru akan semakin menguntungkan konsumen.  Pasalnya, televisi tipe ini telah dilengkapi dengan teknologi Full HD dan 4K di mana tampilan gambar semakin jernih sesuai realita berkat teknologi pengolahan warna dan cahaya dari HDR.

Kenyamanan dalam menggunakan televisi ini pun diperkaya dengan ragam ukuran yang dimiliki. Konsumen dapat memilih SHARP Android TV dengan Google Assistant dalam ukuran relatif sedang atau besar. Adapun ‘BG series (HD dan Full HD)’  menjadi penanda untuk tipe televisi berukuran 32”, 42”, hingga 50”,  sedangkan  ‘BK series (4K)’ diperuntukkan bagi konsumen yang tertarik pada ukuran besar, mulai dari 50”, 60”, hingga 70”.

Baca Juga: Argentina's Fernandez pledges to turn the page as left wins power

SHARP Android TV dengan Google Assistant menjajalkan ribuan aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang dalam televisi layar besar. Agar pengalaman menonton semakin spektakuler, sambungkan pula speaker active dengan televisi yang dapat terhubung dengan Bluetooth Audio Out. Untuk konsumen yang tak bisa lepas dari ponsel, coba juga fitur Chromecast built-in yang terbenam dalam televisi.  sehingga memungkinkan konsumen mentransfer foto dan video dari ponsel dengan mudah.

Pada SHARP Android dengan Google Assistant, konsumen dapat pula menikmati beragam konten lokal yang secara spesial dihadirkan pada televisi tipe ini. Mengedepankan muatan lokal merupakan upaya Sharp Indonesia untuk terus berkomitmen dalam memproduksi local fit products.

“Pembuatan local fit products merupakan salah satu cara kami untuk mewujudkan anjuran Kementerian Perindustrian dalam mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Kami ingin turut berpartisipasi memberdayakan dan mempromosikan industri dalam negeri. Maka dari itu, kami menyediakan kembali fitur Azan reminder yang akan menjadi pengingat waktu solat serta rekomendasi aplikasi-aplikasi karya anak bangsa,” imbuh Ardy, AUVI Assistant General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Guna memperkaya konten lokal, Sharp Indonesia menggandeng Vidio – layanan aliran video streaming milik PT Vidio Dot Com. Pada setiap pembelian televisi tipe ini, Sharp Indonesia akan memunculkan halaman rekomendasi berupa aplikasi-aplikasi yang dapat konsumen nikmati, termasuk Vidio.

Wadah video lokal nomor satu ini menjajalkan beragam konten mulai dari video on demand service, free live streaming, dan Vidio Premier.  Pengguna Vidio dapat menonton lebih dari 20 saluran televisi lokal yang kerap menyajikan pilihan hiburan baik film, sinetron, berita, hingga konten olahraga yang menjadi salah satu konten terkuat dari Vidio.

Baca Juga: Bermodal tusuk gigi, pencuri ini membobol ATM hingga lebih dari Rp 700 juta

Menariknya, sebagai aplikasi yang menyajikan karya kreatif anak bangsa, Vidio kini  juga menciptakan karya-karya film televisi original yang secara eksklusif hanya bisa dinikmati oleh penggunanya. Bagi konsumen yang ingin menambah konten-konten lainnya pun dapat meningkatkan akun Vidio miliknya menjadi Vidio Premier dengan jenis paket sesuai kebutuhan.

Opsi lainnya, televisi ini juga menawarkan aplikasi lokal lainnya, yaitu Kaskus TV. Sesuai dengan awal mula berdirinya Kaskus, maka pada Kaskus TV ditampilkan pula konten-konten yang telah terintegrasi dengan Kaskus Forum. Platform videonya lebih banyak difokuskan pada minat, hobi, dan gaya hidup.

Dengan banyaknya ragam fitur, teknologi, dan konten yang bisa disaksikan lewat satu televisi, SHARP Android TV dengan Google Assistant akan dibanderol dengan rentang harga yang bersahabat. Untuk  Adapun ‘BG series (HD dan Full HD)’ dengan ukuran 32” – 50”, harganya berkisar di Rp3.300.000 – Rp6.300.000, sedangkan pada ‘BK series (4K)’ ukuran 50” – 70” harganya dimulai dari Rp7.000.000 sampai Rp20.000.000.

Untuk setiap ukuran pada SHARP Android TV dengan Google Assistant, Sharp Indonesia telah menargetkan jumlah unit tertentu yang akan terjual hingga 2020 mendatang.

“Secara keseluruhan untuk televisi tipe terbaru ini, kami telah menargetkan penjualan hingga ke 100.000 unit sampai 2020 nanti. Kami percaya target ini dapat kami lampaui dengan baik dan televisi SHARP tetap mencapai posisi pangsa pasar nomor satu,” tutup Andry.


Tag


TERBARU

Close [X]
×