Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) mencatatkan kinerja positif pada Semester I-2025.
Emiten pariwisata ini berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 1,8 triliun atau tumbuh 19,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,5 triliun. Lebih dari itu, laba bersih perseroan melonjak 41% menjadi Rp 40,9 miliar dari Rp 28,9 miliar pada Semester I-2024.
Salah satu pencapaian positif Panorama selama enam bulan pertama tahun ini adalah keberhasilannya menekan beban bunga dengan memangkas utang bank sebesar 67%, dari Rp 499 miliar pada akhir 2024 menjadi Rp 163 miliar. Dengan demikian, rasio utang bank terhadap ekuitas (bank debt to equity ratio) membaik menjadi hanya 0,15x dari sebelumnya 0,42x.
“Kondisi likuiditas kami jauh lebih sehat dan mendukung pertumbuhan bisnis jangka menengah hingga panjang,” ujar AB Sadewa, Corporate Secretary Panorama Sentrawisata, dalam keterangan resminya kepada kontan, Jumat (1/8).
Baca Juga: Kementerian ESDM Akan Kumpulkan Pengusaha Tambang, Ada Apa?
Sadewa menjelaskan bahwa pertumbuhan kinerja ditopang kuat oleh pilar bisnis Inbound, yakni layanan wisata mancanegara ke negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Pilar ini mencatat pertumbuhan pendapatan hingga 34% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Sebagai bagian dari strategi ekspansi, PANR juga kembali membuka kantor operasional di Ho Chi Minh, Vietnam, yang sebelumnya sempat ditutup saat pandemi. Langkah ini ditujukan untuk menangkap potensi pasar Eropa di kawasan Indo-China, memperluas jangkauan operasional ke destinasi favorit di Asia Tenggara.
“Asia Tenggara memiliki kekayaan budaya, alam, dan kuliner yang menjadi daya tarik utama wisatawan global. Kami ingin memainkan peran lebih besar sebagai pelaku utama industri pariwisata regional,” tambah Sadewa.
Untuk mendukung kinerja pilar Travel and Leisure, PANR mencatat pertumbuhan sebesar 17% secara tahunan pada semester pertama tahun ini. Perseroan juga aktif mempersiapkan momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025 melalui partisipasi di berbagai travel fair yang berlangsung sejak Juli hingga September, bekerja sama dengan maskapai penerbangan dan menawarkan paket wisata ke Eropa, Jepang, Korea Selatan, serta destinasi Asia Tenggara lainnya.
Baca Juga: SDG Innovation Accelerator 2025 Jaring 90 Inovator Muda
Selanjutnya: Kementerian ESDM Akan Kumpulkan Pengusaha Tambang, Ada Apa?
Menarik Dibaca: Promo Superindo Hari Ini 1-3 Agustus 2025, Alpukat-Lengkeng Bangkok Diskon sampai 55%
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News