kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.415.000   -13.000   -0,54%
  • USD/IDR 16.600   -6,00   -0,04%
  • IDX 8.089   173,32   2,19%
  • KOMPAS100 1.119   28,59   2,62%
  • LQ45 796   23,97   3,10%
  • ISSI 285   3,86   1,37%
  • IDX30 415   14,34   3,58%
  • IDXHIDIV20 470   17,22   3,80%
  • IDX80 124   2,97   2,46%
  • IDXV30 133   4,48   3,48%
  • IDXQ30 131   4,31   3,39%

Pasar Membesar, Wings Meramaikan Persaingan Popok Dewasa


Senin, 20 Oktober 2025 / 21:01 WIB
Pasar Membesar, Wings Meramaikan Persaingan Popok Dewasa
ILUSTRASI. Persaingan popok dewasa tambah seru,


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Populasi lanjut usia (lansia) di Indonesia bertambah sejak tahun 2020, sehingga kebutuhan  popok dewasa meningkat. Mengingat sebagian besar lansia mengalami inkontinensia urine yakni kondisi keluarnya urin secara tidak diinginkan, alias mengompol.

Berdasarkan penelitian Perkumpulan Kontinensia Indonesia (Perkina) pada tahun 2020, sebanyak 11,6% dari 585 responden mengalami inkontinensia urine. Artinya, 1 dari 10 orang menghadapi tantangan dalam mengontrol fungsi kemih yang berpengaruh terhadap kualitas hidup dan menambah beban pengobatan di masyarakat. 

Saat ini ada pemain besar yang menguasai pasar popok dewasa. Seperti  Unicharm Indonesia (Lifree), dengan distribusi kuat di apotek dan pasar modern, Softex Indonesia (Confidence), kuat di segmen rumah sakit dan konsumen rumah tangga dan P&G (Attends), lfokus pada pasar institusional.

Di tengah persaingan ketat itu Wings muncul dengan merek Happily, setelah sebelumnya bermain di segmen popok bayi dengan mengusung merek Baby Happy. Ekspansi ke kategori popok dewasa memperlihatkan strategi diversifikasi Wings ke produk dengan margin tinggi dan potensi pertumbuhan jangka panjang.

Baca Juga: MMIX Umumkan Laba Tumbuh 9,6% pada 2024 dan Rencana Produksi Lokal Popok pada 2025

Dengan kemampuan produksi besar dan jaringan distribusi nasional, Wings berpotensi menekan margin pesaing melalui strategi penetrasi harga rendah. Strategi ini sebelumnya  efektif di kategori lain seperti deterjen dan tisu.

Spesialis Kesehatan Lansia, dr. Ika Fitriana menjelaskan,  inkontinensia merupakan kondisi medis yang umum dialami lansia, tapi jarang dibicarakan karena dianggap memalukan.

"Padahal, dengan manajemen yang tepat, termasuk penggunaan popok celana dewasa yang sesuai, lansia tetap bisa aktif bergerak dan produktif," katanya, pekan lalu. 

Sementara itu, Stella Eidelina, Marketing Manager Paper Category Wings Group Indonesia mengklaim, Happily membawa inovasi teknologi 3 in 1, yakni ekstra serap, kering dan tipis) serta ekstrak teh hijau untuk membantu mengurangi bau tidak sedap.

"Produk ini dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan, meningkatkan rasa percaya diri, serta mendukung kebebasan beraktivitas bagi para lansia,” ujar Stella.

Selanjutnya: Menkeu Purbaya Sebut Perbaikan Sistem Coretax Rampung Akhir Pekan Ini

Menarik Dibaca: Simak Ramalan Zodiak Karier & Keuangan Besok Selasa 21 Oktober 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×