kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Pasar otomotif melandai, Daihatsu optimistis pangsa pasar tetap 17%


Jumat, 17 Januari 2020 / 15:58 WIB
Pasar otomotif melandai, Daihatsu optimistis pangsa pasar tetap 17%
ILUSTRASI. Jenis mobil Daihatsu


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu, PT Astra Daihatsu Motor memproyeksikan pangsa pasarnya di 2020 masih bisa bertahan di 17% atau sama dengan market share di 2019. 

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan, sepanjang 2019  pencapaian retail sales Daihatsu sebanyak 177.588 unit dengan pangsa pasar 17%. 

"Sementara wholesales 177.284 unit dengan pangsa pasar 17,2% dan Daihatsu berhasil mempertahankan posisi nomor 2 di pasar otomotif selama 11 tahun berturut turut," kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (17/1). 

Adapun kalau melihat pencapaian sebelumnya, Daihatsu mampu meraup pangsa pasar 17,6% di 2018 lalu turun sedikit di 2019 menjadi 17%. 

Baca Juga: Penjelasan Astra International (ASII) perihal penurunan penjualan mobil 2019

Amelia menjelaskan, Daihatsu telah menyiapkan sejumlah empat strategi marketing untuk menyiasatinya perlambatan penjualan kendaraan bermotor. Dari segi produk, Daihatsu terus mengembangkan dan melahirkan produk-produk yang  sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar Indonesia. 

Produk-produk Daihatsu, telah melalui berbagai testing di fasilitas R&D yang memiliki 24 contoh tipe jalan di Indonesia.  Sementara brand lain membuat dan melakukan test produknya secara global. 

Adapun secara berkala, Daihatsu terus melakukan pengembangan (refresh) produk sesuai dengan permintaan dan pada waktunya.

Dari sisi brand, Daihatsu melakukan peningkatan nilai brand. Dengan 251 outlet yang tersebar di wilayah Indonesia, Daihatsu memberikan tawaran paket penjualan yang menarik bagi konsumer. 

Dari sisi kepemilikan mobil, Daihatsu memberikan pelayanan after sales yang mudah didapatkan karena hingga saat ini terdapat 194 bengkel yang tersedia di berbagai daerah. 

Selain fokus menggarap pasar lokal, Daihatsu juga akan menyasar pasar luar negeri. Amelia menyatakan sebagai bagian dari Toyota Griup, Daihatsu akan mengikuti perkembangan permintaan pasar ekspor dan menyesuaikan dengan kemampuan kapasitas produksi. 

Baca Juga: Penjualan ritel Honda Prospect Motor (HPM) turun 8,3% di 2019

Mengenai proyeksi pangsa pasar di 2020, Amelia mengutip pernyataan Gaikindo yang memproyeksikan penjualan otomotif di 2020 bisa berpotensi tumbuh tipis sebesar 5% dibanding tahun ini. 

Menurutnya, optimisme ini didasarkan pada kondisi perekonomian dalam negeri yang diyakini akan lebih baik. "Daihatsu menargetkan untuk mempertahankan pangsa pasar 17% di sepanjang 2020," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×