kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pastikan kelayakan pesawat, Menhub tinjau pelaksanaan ramp check di bandara Soetta


Senin, 18 Januari 2021 / 06:16 WIB
Pastikan kelayakan pesawat, Menhub tinjau pelaksanaan ramp check di bandara Soetta
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan pelaksanaan ramp check pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan pelaksanaan inspeksi keselamatan atau ramp check pesawat yang dilakukan secara periodik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (17/1).

Budi mengatakan, pelaksanaan ramp check ini dilakukan oleh para inspektur dari ditjen perhubungan udara untuk memastikan kelaikudaraan pesawat yang akan terbang. Ramp check dilakukan secara terjadwal maupun tidak terjadwal atau sewaktu-waktu.

"Hari ini kami melaksanakan ramp check, suatu proses dimana semua pesawat yang akan berjalan dilakukan pengecekan terhadap fungsi mesin, fungsi pergerakan dan lain sebagainya. Oleh karenanya kami pastikan bahwa seluruh pesawat yang akan take off di semua bandara di Indonesia telah memiliki suatu kualifikasi laik," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Minggu (17/1).

Adapun, pelaksanaan ramp check hari ini yakni pada pesawat Batik Air nomor registrasi PK – LBH.

Baca Juga: Per Minggu (17/1) dari 62 korban Sriwijaya Air SJ 182, 29 berhasil diidentifikasi

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, kegiatan ramp check ini dilakukan pengecekan pada seluruh aspek baik badan pesawat maupun dokumen terkait pesawat.

"Kami tadi langsung on site mengecek pesawat Batik Air. Kami cek log booknya, kami cek fisiknya, cek pilotnya, cek personelnya, kemudian catatan-catatan apa yang ada di history di dalam pesawat. Ini semua dipastikan untuk menjamin keselamatan, bahwa semuanya berjalan dengan sebagaimana mestinya," jelas dia.

Lebih lanjut Novie bilang, semua hal terkait dengan komponen pesawat harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan baik pabrik maupun pemerintah. Jika dalam kegiatan ramp check ditemukan hal-hal yang tidak sesuai ketentuan, maka pesawat tersebut tidak akan diizinkan berangkat. 

Selanjutnya: Sudah berlaku! Tarif tol terbaru Jakarta-Bandung di 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×