kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Paxel Catat Kenaikan Pengiriman 53,2% Selama Ramadan 2022


Kamis, 26 Mei 2022 / 13:57 WIB
Paxel Catat Kenaikan Pengiriman 53,2% Selama Ramadan 2022
ILUSTRASI. Petugas Paxel gunakan motor listrik hasil kerjasama dengan SWAP Energi Indonesia.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelonggaran pembatasan kegiatan dari peraturan pemerintah menghidupkan kembali mobilitas masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, pertumbuhan ekonomi kian meningkat.

Paxel melalui Ramadan Insight 2022 melihat adanya kenaikan ekonomi dari perilaku pengiriman kebutuhan rumah tangga selama bulan Ramadan 2022. Selama Ramadan, Paxel mencatatkan tiga pengiriman yang cukup signifikan. PaxelBig yang meningkat hampir 5x lipat dibanding tahun lalu.

Sementara, untuk service next day mengalami kenaikan 16,9 persen. Disusul PaxelInstant yang juga kian bertambah lebih dari 2x lipat.
Dilihat dari banyaknya layanan pengiriman, PaxelBig pada Ramadan tahun ini ternyata menarik perhatian untuk mengantarkan frozen food (38%), household and homewares (10 %) dan fashion and apparel (9%).

Baca Juga: Hingga Tutup Tahun, Paxel Targetkan Pertumbuhan Volume Pengiriman Sebesar 40%

Layanan pengiriman berikutnya yang juga sangat diminati selama Ramadan ialah PaxelInstant senilai 148,7% serta PaxelMarket 70,1 %.

Co-founder Paxel, Zaldy mengatakan terdapat pergeseran perilaku konsumsi masyarakat yang beralih dari kebutuhan pokok ke kebutuhan sekunder bahkan tersier.

"Kami juga mencatat setidaknya dibandingkan Ramadan 2021 ada kenaikan di kebutuhan tersebut senilai 85,7% item perhiasan atau logam mulia dan 33,5% item elektronik yang menjadi salah satu jenis barang paling banyak dikirim di masa ramadan satu bulan terakhir," ujarnya sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan, Kamis (26/5).

Sementara itu, layanan PaxelMarket juga mendorong pemulihan ekonomi daerah. Dilihat dari banyaknya UMKM yang melakukan pengiriman menuju kota besar seperti misalnya Jabodetabek sebagai top destinasi pengiriman di Paxel selama ramadan.

Hal ini menunjukkan kebiasaan baru perilaku konsumsi serta kepercayaan masyarakat terhadap layanan Paxel dalam keamanan dan kehigienisan pengiriman makanan dengan fasilitas cold-chain.

Baca Juga: ARPI Prediksi Industri Cold Chain Tumbuh 25% di Tahun 2022

Seiring dengan pertumbuhan Paxel selama bulan Ramadan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dikutip dari Bank Indonesia juga mengatakan adanya peningkatan konsumsi masyarakat sebesar 113,1% pada bulan April 2022.

Oleh karena itu, Paxel siap menyambut dan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi dengan melakukan ekspansi ke 30 daerah lainnya, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Sorong. Perluasan jangkauan Paxel turut diiringi infrastruktur yang semakin kuat.

"Pertambahan Paxel di beberapa area di tahun 2022, diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi daerah dan UMKM daerah untuk melebarkan jangkauannya,” tutup Zaldy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×