kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,51   -5,84   -0.63%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelaku UMKM kecewa karena mahalnya sewa stand Asian Games


Kamis, 02 Agustus 2018 / 21:04 WIB
Pelaku UMKM kecewa karena mahalnya sewa stand Asian Games
ILUSTRASI. Trotoar dengan hiasan Asian Games di kawasan Senayan SCBD,


Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) kecewa atas harga sewa stand pameran yang sangat mahal. Di mana untuk ukuran 3x3 meter memakan uang sewa Rp 1 Juta per harinya.

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia Ikhsan Ingratubun mengatakan, pandangannya terhadap Asian Games ternyata sambutannya tidak seperti yang diberitakan. Harga yang tersebut dinilai terlalu mahal untuk pengusaha kecil.

“Sewa di Jakarta Convention Center (JCC) saja pakai AC Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. Ini sudah tidak ber-AC Rp 1 juta per hari,” ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (2/8).

Dia menjelaskan, Seperti contohnya di Palembang untuk 10 hari dengan lokasi di luar ruangan dan menggunakan tenda Kerucut harganya mencapai Rp 10 Juta. Sementara itu, untuk lokasi Petak dan berada di dalam ruang ber AC untuk 15 hari merogoh kocek Rp 15 juta.

“Secara umum ternyata harga sewa stand bukanlah harga UMKM namun harga pengusaha besar. Tidak ada Subsidi yang Ada hanya Departemen Perindustrian dapat SATU Stand dengan ukuran sama 3x3 gratis, tetapi dibagi tiga Asosiasi. Hadehhh!,” keluhnya.

Dari event besar ini, pelaku usaha kecil arealnya memprediksi akan dapat keuntungan 50%. Namun dengan harga sewa yang melebihi batas pengusaha maka bisa di bilang mereka akan merugi.

Dia mengakui, anggota asosiasi belum menyambut Asian Games dengan riang gembira karena kebutuhan terpenting untuk Jualan adalah tempat ternyata Harganya sangat mahal oleh Panitia.

“Harapan kami dari Akumindo mohon segera Pemerintah melakukan evaluasi terhadap harga yang ditetapkan oleh Panitia yang terkesan sangat Komersial tidak berpihak kepada UMKM,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×