kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelanggan Terus Meningkat, KAI Tingkatkan Pelayanan Stasiun Cikarang


Senin, 04 April 2022 / 15:42 WIB
Pelanggan Terus Meningkat, KAI Tingkatkan Pelayanan Stasiun Cikarang
ILUSTRASI. Stasiun Cikarang


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mengoptimalkan Stasiun Cikarang untuk melayani masyarakat Cikarang dan sekitarnya.

“KAI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan seluruh masyarakat sehingga Stasiun Cikarang saat ini sangat megah dan bagus,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Senin (4/4).

Joni menjelaskan, stasiun Cikarang awalnya merupakan sebuah stasiun kecil atau halte yang dibuka pada 1890. Stasiun tersebut kemudian dibangun kembali oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada 2013 sampai 2015 untuk tahap pertama dan 2019 sampai 2021 untuk tahap kedua.

Bangunan Stasiun Cikarang terdiri dari 2 lantai dimana pada lantai 1 terdapat fasilitas naik turun dan integrasi pengguna KRL, KA Lokal, dan KA Jarak Jauh. Sedangkan pada lantai 2 terdapat fasilitas pelayanan pengguna dan area komersial.

Baca Juga: Menhub: KA Bogor-Sukabumi Beroperasi Pekan Depan

“Fasilitas yang tersedia di stasiun tersebut di antaranya lift, eskalator, tangga manual, toilet difabel, ruang loket go show, layanan pelanggan, ruang tunggu, musala, pos kesehatan, dan fasilitas lainnya,” jelasnya.

Adapun kini Stasiun Cikarang  telah melayani berbagai layanan kereta api baik KA Jarak Jauh, Lokal, maupun KRL Jabodetabek sejak 1 Februari 2022.

Di samping itu, dia berharap hadirnya wajah baru Stasiun Cikarang dapat memberikan kenyamanan mobilisasi masyarakat menggunakan KAI. Bahkan saat ini volume pelanggan di stasiun ini terus meningkat.

Tercatat, pengguna KRL di Stasiun Cikarang saat ini sebanyak 28.000 pengguna, di mana jumlah itu naik hampir 5 kali lipat dari yang semula hanya 5.000 pengguna per hari.

Peningkatan juga terjadi pada pelanggan KA Lokal yang melonjak dari 500 pelanggan per hari menjadi 2.000-3.000 pelanggan per hari. Sedangkan pelanggan KA Jarak Jauh mencapai rata-rata sebanyak 400 pelanggan per hari.

Adapun jumlah perjalanan kereta api yang dilayani di Stasiun Cikarang setiap harinya yaitu 24 perjalanan KA Jarak Jauh, 12 perjalanan KA Lokal, dan 92 perjalanan KRL.

“Hadirnya wajah baru Stasiun Cikarang ini akan memperlancar angkutan penumpang dan barang, khususnya di momen angkutan Lebaran dalam waktu dekat ini untuk mendukung mobilitas masyarakat mudik ke kampung halamannya,” kata Joni.

Baca Juga: Buruan, Tiket Kereta Api Lebaran Sudah Dapat Dipesan Mulai Hari Ini Sampai 16 April

Sebagai informasi, pembangunan Stasiun Cikarang merupakan bagian dari proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai - Cikarang, yang juga dibangun oleh Kementerian Perhubungan.

“Kami berkomitmen mengoperasikan Stasiun Cikarang semaksimal mungkin untuk mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum,” tutup Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×