kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45689,33   17,20   2.56%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.24%

Pelindo III kembangkan terminal penumpang Rp 29 miliar


Jumat, 19 Juli 2019 / 19:55 WIB
Pelindo III kembangkan terminal penumpang Rp 29 miliar

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pelindo III secara resmi mengoperasikan terminal penumpang kapal laut Panglima Utar Kumai, Kalimantan Tengah, Rabu (17/7).

Doso Agung, Direktur Utama Pelindo III menyampaikan gedung fasilitas pelayanan publik dari Pelindo III tersebut merupakan pengembangan dari gedung terminal penumpang yang lama. Nilai investasi yang diperlukan untuk pengembangan ini membutuhkan dana Rp 29 miliar.


Ia bilang, sejumlah fasilitas yang lengkap dan setara dengan bandar udara. Lebih lanjut ia menjelaskan saat ini Pelindo III sedang melakukan standardisasi layanan terminal-terminal penumpang termasuk di Kumai.

“Pembangunan terminal penumpang di Pelabuhan Kumai ini untuk memberikan layanan yang terstandar. Standarisasi ini diperlukan karena akan berdampak pada meningkatkan layanan pada penumpang laut. Sehingga transportasi laut menjadi tidak hanya lebih aman, tetapi juga nyaman,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (18/7).

Selain itu, Pelindo III juga tengah merampungkan pembangunan dan renovasi gedung terminal penumpang kapal laut pada 11 pelabuhan di Indonesia seperti di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yakni Maumere, Ende, Ippi, Kupang, Waingapu, dan Kalabahi.

Kemudian bergeser ke barat, juga dikerjakan diPelabuhan Bima, Nusa Tenggara Barat, dan Pelabuhan Benoa, Bali. Juga untuk Kalimantan, yakni di Batulicin, Sampit, dan Kumai.

Sebelumnya gedung terminal penumpang yang lama di Pelabuhan Kumai hanya berkapasitas 600 penumpang dengan luas bangunan 915 meter persegi. Untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang kapal laut beberapa tahun ke depan, Pelindo III membangun gedung baru yang berkapasitas 1.500 penumpang dengan bangunan seluas 3.200 meter persegi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×