kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,19   -7,17   -0.77%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo IV anggarkan capex Rp 5,4 triliun tahun ini


Senin, 10 Februari 2020 / 22:53 WIB
Pelindo IV anggarkan capex Rp 5,4 triliun tahun ini
ILUSTRASI. Sejumlah pekerja menurunkan peralatan bongkar muat atau Container Crane (CC) milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV dari Kapal Dongbang Giant No 2 berbendera Korea Selatan di Pelabuhan Ambon, Maluku, Senin (17/9). PT Pelindo IV melakukan investasi mela


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyiapkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Rp 5,4 triliun tahun 2020. Sebagian besar akan digunakan untuk membangun fasilitas pelabuhan.

Direktur Utama PT Pelindo IV Farid Padang menyebutkan tahun ini ada enam pelabuhan yang akan ditingkatkan statusnya dari hanya pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas atau pelabuhan multipurpose.

"Pelabuhan Sorong, Tarakan, Ternate, Kendari, Manokwari dan Pelabuhan Merauke,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada kontan.co.id, Senin (10/2).

Baca Juga: Pelindo IV catat pendapatan Rp 3,89 triliun di tahun lalu

Ia menyebutkan untuk Pelabuhan Sorong, pengembangan yang dilakukan akan menyerap anggaran sebesar Rp 281,5 miliar yang akan digunakan untuk pengembangan dermaga, perkerasan Container Yard (CY) atau lapangan penumpukan seluas 5 ha dan investasi alat.

Sedangkan di Pelabuhan Tarakan, perseroan akan menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 318,7 miliar. Kemudian untuk Pelabuhan Ternate sebesar Rp 106,9 miliar, Pelabuhan Kendari sejumlah Rp 575,8 miliar, Pelabuhan Manokwari investasi sebesar Rp 42 miliar dan di Pelabuhan Merauke disiapkan belanja modal sebesar Rp 74,2 miliar.

Secara ringkas, ia membeberkan semua investasi yang dikeluarkan untuk pengembangan dermaga, perkerasan CY, reklamasi CY, pembuatan mooring dolphin dan catwalk, juga untuk pengadaan alat di pelabuhan.

Menurutnya, sebenarnya ada 9 pelabuhan yang ditingkatkan statusnya dari hanya pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas atau pelabuhan multipurpose.

Baca Juga: Pelindo IV integrasikan pelabuhan dan pariwisata

Hanya saja, tiga pelabuhan lainnya sudah selesai, yakni Pelabuhan Ambon, Pantoloan dan Pelabuhan Jayapura. "Tinggal 6 pelabuhan lagi yang di target kelar dalam tahun ini,” ujarnya.

Farid berharap dengan investasi yang dilakukan tersebut, tahun ini pihaknya akan mencapai target peningkatan jumlah aset sekitar 27% atau menjadi Rp 14 triliun.

Adapun hingga tahun lalu, Pelindo IV mencatat nilai aset yang diperoleh sebesar Rp 11 triliun. Sayang, untuk target top line maupun bottom line perseroan enggan membeberkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×