kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembangunan Pipa CISEM Tahap II Dimulai 2024, Segini Kebutuhan Dananya


Jumat, 26 Mei 2023 / 14:30 WIB
Pembangunan Pipa CISEM Tahap II Dimulai 2024, Segini Kebutuhan Dananya
ILUSTRASI. ESDM menyebut pembangunan Transmisi Gas Ruas Cirebon-Semarang (CISEM) Tahap II (ruas Batang - Kandang Haur Timur) akan mulai dilaksanakan pada 2024.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut pembangunan Transmisi Gas Ruas Cirebon-Semarang (CISEM) Tahap II (ruas Batang - Kandang Haur Timur) akan mulai dilaksanakan pada 2024.

Pembangunan infrastruktur pipa sepanjang 240 km tersebut diperkirakan memakan biaya Rp 3,3 triliun dan rampung dalam waktu dua tahun.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji memaparkan, pembangunan CISEM Tahap II dari Batang hingga ke Kandang Haur Timur direncanakan berlangsung tahun 2024 hingga 2025. 

"Pembangunan CISEM tahap 2 dari Batang ke Cirebon hingga Kandang Haur Timur karena sambungan pipa dari lokasi itu sampai ke Lampung dan seterusnya sudah ada,” jelas Tutuka dalam keterangan resmi Jumat (26/5). 

Baca Juga: Pengembangan Blok Masela Macet, Pengamat Hulu Migas Soroti Sejumlah Masalah Ini

Pembangunan pipa CISEM tahap 2 ini panjangnya empat kali lipat dibandingkan CISEM tahap 1 dan direncanakan pada akhir tahun 2023 sudah dapat dilakukan proses lelang.

Potensi demand pipa CISEM tahap 2 ini, antara lain industri di Cirebon, Tegal. Pekalongan, Brebes dan Pemalang dengan volume sekitar 5,8-12 MMSCFD. Selain itu, konsumen komersial seperti hotel dan restoran.

Juga,  jaringan gas rumah tangga, kilang minyak Balongan dengan volume 24 MMSCFD dan berpotensi meningkat hingga 42 MMCSFD. Demand lainnya adalah pembangkit tenaga listrik dengan volume 189-199 MMCSFD. .

Tutuka melanjutkan, setelah pembangunan pipa CISEM tahap 1 dan 2 selesai, Pemerintah berencana membangun   ruas transmisi Dumai-Sei Mangke sepanjang 400 km.  Sebelumnya dilakukan feasibility study yang direncanakan akan dilaksanakan tahun ini. 

Baca Juga: Pembangunan Pipa Transmisi Gas Ruas Cirebon-Semarang Tahap I Akan Selesai Lebih Cepat

“Nanti jika ruas Dumai - Sei Mangke  selesai, maka akan terhubung pipa dari Arun hingga ke Jawa Timur,”  katanya.

Dengan pipa yang terintegrasi tersebut, memungkinkan gas dari WK Andaman sekitar 5 sampai 10 tahun lagi bisa dialirkan ke  selatan hingga Pulau Jawa. Gas dari Agung I dan II bisa dialirkan ke Jawa Timur dan sebagian ke Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×