kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.917   13,00   0,08%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatera andalkan Sukuk Rp 1,27 triliun


Senin, 09 Juli 2018 / 01:01 WIB
 Pemeliharaan Jalan Lintas Timur Sumatera andalkan Sukuk Rp 1,27 triliun
ILUSTRASI. Tol Trans Sumatera


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai menggunakan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara untuk proyek infrastruktur.

Dari total penggunaan sukuk negara senilai Rp 8,35 triliun untuk pekerjaan pemeliharaan jalan dan jembatan tahun 2018, senilai Rp 1,27 triliun digunakan untuk proyek Ruas Jalan Lintas Timus Sumatera, di Riau. Rinciannya Rp 8 kontrak pekerjaan preservasi, rehabilitasi dan pelebaran jalan senilai total Rp 1 triliun dan 8 kontrak pekerjaan pengawasan senilai Rp 27,33 miliar.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto meminta kontraktor dan konsultan supervisi agar langsung melaksanakan pekerjaan usai kontrak ditandatangani. Para penyedia jasa terus berkoordinasi dengan BBPJN II Medan selaku pengguna jasa agar penyelesaian pekerjaan dapat tepat waktu dan tepat mutu.

“Untuk konsultan supervisi, pengawasan pekerjaan lapangan harus dilakukan dengan benar. Jangan ke lapangan hanya membawa kotak makan siang (lunch box), tetapi harus membawa peta dan desain pekerjaan, karena penggerak utama kualitas pekerjaan adalah konsultan supervisi,” kata Arie dalam keterangan resminya, Minggu (8/7).

Kepala BBPJN II Paul Ames Halomoan mengatakan kontrak yang ditandatangani adalah kontrak tahun jamak (multiyears contract) tahun 2018-2019.

“Paket-paket dimaksud diutamakan bagi kegiatan preservasi jalan di ruas Lintas Timur Sumatera yang merupakan jalur logistik utama dan sebagian ke arah Pelabuhan Tanjung Buton di Kabupaten Siak, Provinsi Riau,” jelasnya.

Delapan kontrak konstruksi yang ditandatangani oleh kontraktor/swasta nasional, yakni Preservasi Rehabilitasi Jalan Batas Provinsi Sumut - Bagan Batu-Simpang Balam - Simpang Batam yang dikerjakan oleh PT. Bangun Mitra Abadi dengan nilai Rp 138,75 miliar, Preservasi dan Pelebaran Jalan Simpang Batang - Batas Kota Madya- Sp. Terminal dan Bts. Kota Dumai-Duri dikerjakan PT Angkasapuri-PT Byan Cahaya Perkasa – PT Chandra Cipta Sarana (KSO) senilai Rp 129,58 miliar, dan Preservasi Rekonstruksi Duri – Kandis – Simpang Palas – Siak II (Pekanbaru)oleh PT Karya Bisa - PT Chandara Cipta Sarana (KSO) senilai Rp 119,02 miliar.

Kemudian Preservasi Rehabilitasi Jalan Simpang Gemar Menabung – Simpang Air Hitam – Simpang Panam – Simpang Kubang – Sp. KH Nasution – Sp. Kayu Ara oleh PT Viarajaya Riauputra – PT Lutvindo Wijaya )(KSO) dengan nilai kontrak Rp113,43 miliar, Preservasi Rekonstruksi Jalan Sp. Lago – Sp. Buatan – Sp. Siak Sri Indrapura – Mengkapan/Buton oleh PT Mutu Utama Konstruksi dengan nilai kontrak Rp 148 miliar dan Preservasi dan Pelebaran Jalan Simpang Lago – Sorek I oleh PT Trifa Abadi – PT Cemerlang Samudra Kontrindo (KSO) senilai Rp 103,96 miliar.

Selanjutnya adalah Preservasi dan Pelebaran Jalan Sorek I – Bts. Kab. Indragiru Hulu – Simpang Japura – Pematang Reba dengan kontraktor PT Istaka Karya – PT Hasrat Tata Jaya – PT Semangat senilai Rp 150 miliar dan Preservasi Rehabilitasi Pematang Reba – Rengat – Siberida – Batas Jambi oleh PT Mekar Abadi Mandiri – PT Inti Indokomp dengan nilai kontrak Rp 104,94 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×