kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah Akan Lelang Proyek Palapa Ring Integrasi, Indosat Ooredoo Masih Kaji


Senin, 19 September 2022 / 20:37 WIB
Pemerintah Akan Lelang Proyek Palapa Ring Integrasi, Indosat Ooredoo Masih Kaji
ILUSTRASI. Gedung kantor pusat?Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan melakukan kajian internal soal rencana lelang Palapa Ring Integrasi.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) akan melelang proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Palapa Ring Integrasi. Lelang proyek tersebut direncanakan akan dilakukan pada kuartal IV-2022.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyatakan akan melakukan kajian internal mengenai rencana tawaran pemerintah tersebut.

"Kami akan melakukan kajian internal terkait hal tersebut," Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications IOH kepada Kontan.co.id, Senin (19/9).

Steve menegaskan, IOH berkomitmen untuk selalu mendukung pemerintah dalam mempercepat agenda transformasi nasional dan pemerataan infrastruktur serta digitalisasi di Indonesia, sambil memberdayakan masyarakat.

Baca Juga: Kominfo Siapkan Infrastruktur Telekomunikasi 5G di IKN Baru

Sebelumnya, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, sedang menyiapkan proyek KPBU Palapa Ring Integrasi (Parinteg) berupa kabel fiber optik sepanjang 11.182 kilometer (km) yang terdiri dari 8.258 km kabel darat dan 2.924 kabel laut.

Adapun pada Desember 2021 telah dilaksanakan Market Sounding yang dihadiri oleh 12 perusahaan industri telekomunikasi dan bank nasional maupun internasional.

Lalu, pada 12 Juli 2022, Proyek KPBU Parinteg telah disetujui dan tercantum dalam Daftar Rencana KPBU (PPP Book) Tahun 2022 di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Proyek KPBU Palapa Ring Integrasi telah disetujui sebagai Proyek Strategis Nasional. Proyek juga telah mendapatkan Konfirmasi Pendahuluan Availability Payment (AP) dari surat Menteri Keuangan.

Proyek ini akan menghubungkan infrastruktur eksisting Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, dan Palapa Ring Timur. Proyek KPBU Palapa Ring Integrasi akan menjangkau 14 Provinsi dan 78 Kabupaten/Kota.

Palapa Ring Integrasi tersebut bertujuan meningkatkan utilitas dan resiliensi jaringan telekomunikasi nasional. Serta menjadi bagian penting dari jaringan telekomunikasi internasional.

Baca Juga: Kemenkominfo akan Lelang Proyek KPBU Palapa Ring Integrasi, Nilainya Rp 23,16 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×