kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan Metrodata Electronics (MTDL) Turun 4% di Semester I-2023


Senin, 11 September 2023 / 20:00 WIB
Pendapatan Metrodata Electronics (MTDL) Turun 4% di Semester I-2023
ILUSTRASI. kinerja Metrodata (MTDL) turun di semester I-2023


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten IT dan teknologi, PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) mengatakan bahwa penurunan pendapatan yang dicetak pada semester I 2023 diakibatkan penurunan penjualan PC dan Notebook.

Direktur MTDL Randy Kartadinata menjelaskan, penurunan penjualan PC dan Notebook ini disebabkan adanya pergeseran pola hidup pada customer.

Selama pandemi, MTDL menikmati pertumbuhan yang signifkan karena terjadi banyak pembelian alat -alat IT untuk menunjang kegiatan online atau hybrid workspace.

"Namun setelah pandemi selesai, customer memilih membelanjakan uang pada sektor leisure atau travel, sehingga terjadi pelemahan permintaan khususnya pada PC dan Notebook. Namun di Kuartal II-2023 ini, sudah terjadi recovery atau rebound secara kuartal, sehingga penurunan di semester I-2023 semakin kecil," jelas Randy kepada Kontan, Senin (11/9).

Pada semester I 2023, MTDL mencatatkan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 9,34 triliun atau turun 4% dari perolehan Rp9,72 triliun. Tetapi, lanjut Randy, jika dibandingkan antar kuartal telah terjadi pertumbuhan pendapatan 7% QoQ.

Baca Juga: Metrodata Electronics (MTDL) Targetkan Pendapatan Tumbuh 8% pada Tahun 2023

Ia mencatat, bahwa pada periode ini MTDL berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 272,21 miliar atau tumbuh 0,34% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Walau demikian, Randy optimistis proses pemulihan kinerja terus berlanjut di kuartal III 2023. Hal ini dilihatnya dari perkembangan bisnis TIK digital di Tanah Air, serta melihat pertumbuhan pendapatan kami di kuartal II yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

"Kami yakin bahwa pemulihan bisnis TIK digital sedang berlangsung. Kami berharap, proses pemulihan ini akan terus berlanjut sehingga MTDL bisa terus mencatatkan percepatan pertumbuhan pendapatan," imbuhnya.

Ia melanjutkan, hingga semester I 2023 MTDL sudah menyerap capex Rp222,3 miliar dari total alokasi Rp450 miliar.

Serapan ini direalisasikan untuk peralatan TIK yang disewakan sebesar Rp 215 miliar, pembangunan gudang di lokasi cabang dan pemutakhiran peralatan TIK internal sejumlah Rp 7,3 miliar. MTDL mengincar pertumbuhan laba bersih dan pendapatan sebesar 10% di akhir 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×