kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendapatan Mitra Adiperkasa (MAPI) Naik 23,7% Sepanjang Tahun 2023


Jumat, 29 Maret 2024 / 04:16 WIB
Pendapatan Mitra Adiperkasa (MAPI) Naik 23,7% Sepanjang Tahun 2023
ILUSTRASI. Sepanjang 2023, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencatatkan pendapatan bersih meningkat sebesar 23,7% menjadi Rp 33,3 triliun.. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang 2023, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencatatkan pendapatan bersih meningkat sebesar 23,7% dari Rp 26,9 triliun menjadi Rp 33,3 triliun. Sementara itu, margin laba kotor naik dari 44,7% menjadi 45,3%. 

Sedangkan laba usaha tumbuh menjadi Rp 3,6 triliun dari Rp 3,1 triliun, sementara EBITDA naik dari Rp 5,5 triliun menjadi Rp 6,2 triliun. Dan dari segi bottom line, MAPI mencatat laba bersih sebesar Rp 2,3 triliun.

Khusus di kuartal empat 2023, MAPI mencatat pendapatan bersih sebesar Rp 9,5 triliun, naik 17,4% dari Rp 8,1 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. Margin laba kotor meningkat 90 bps dari 43,6% menjadi 44,5%. 

Sementara, laba usaha tumbuh 15,6% dari Rp891 miliar menjadi Rp1,0 triliun, dengan margin sebesar 10,8%. EBITDA dan laba bersih tercatat masing-masing sebesar Rp1,8 triliun dan Rp506 miliar.

Baca Juga: Mitra Adiperkasa (MAPI) Tambah Portofolio Bisnis dengan Brand Makeup Korsel

"Kami menutup tahun 2023 dengan pertumbuhan kinerja keuangan yang berkelanjutan, didukung oleh performa yang solid di berbagai segmen bisnis. Hal ini menunjukkan kemampuan MAPI dalam merespons preferensi pelanggan yang berkembang," ujar Ratih Darmawan Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group dalam keterangan tertulis yang dikutip dari Bursa Efek Indonesia, Jumat (29/3).

Ia mengungkapkan pada tahun 2023, MAPI terus melakukan diversifikasi portofolio dengan memperkenalkan beberapa brand internasional termasuk Sports Direct, Flying Tiger Copenhagen dan BOSS di Indonesia. 

Langkah-langkah strategis ini memperkuat komitmen MAPI untuk menyediakan beragam produk yang komprehensif di berbagai segmen kepada para pelanggan.

Selain itu, platform omni-channel sangat penting untuk memenuhi beragam permintaan pelanggan, yang terintegrasi secara seamless dengan seluruh kanal distribusi, baik mal, kanal online, dan mitra marketplace. 

Baca Juga: Menjelang Lebaran, Saham Peritel Fesyen MAPI, RALS dan LPPF Belum Bergairah

Seiring dengan pertumbuhan gerai fisiknya, MAPI juga mengambil langkah strategis dalam meningkatkan kehadirannya secara digital. Per Desember 2023, MAPI mengoperasikan 47 kanal online, dan bekerja sama dengan berbagai mitra marketplace.

"Pada 2023, kami melalui berbagai tantangan dengan semangat yang menyatu dan fokus pada tujuan. Saat memasuki tahun 2024, kami memahami dinamika kondisi bisnis di berbagai negara di mana MAPI berada. Kami optimis namun tetap berhati-hati dalam menghadapi masa yang akan datang, serta terus menjaga komitmen terhadap seluruh pemangku kepentingan," tutup Ratih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×