kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pendingin ruangan Fujitsu sasar korporat


Jumat, 12 Oktober 2012 / 09:52 WIB
ILUSTRASI. Calon penumpang menunjukkan sertifikat vaksinasi sebelum melakukan perjalanan di Stasiun Kereta Api Medan, Kota Medan, Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/foc.


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Pasar pendingin ruangan alias air conditioner (AC) tumbuh kencang. Berdasarkan data Electronics Marketers Club (EMC), penjualan AC diperiode Januari hingga Agustus 2012 tumbuh 25% mencapai 1,1 juta unit dengan nilai sebesar Rp 2,6 triliun dibanding dengan periode yang sama tahun lalu.

Ketua EMC Rudyanto menyatakan melajunya penjualan AC di pasar lokal dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap tumbuh. "Selain itu penetrasi produk AC di Indonesia masih rendah. Potensi pertumbuhan setiap tahun masih positif," katanya kepada KONTAN kemarin.
Tahun lalu, penetrasi pendingin ruangan di Indonesia baru 7% dari total pasar barang kebutuhan rumah tangga. Ia memprediksi pertumbuhan pasar AC setiap tahun bisa tumbuh 25%.

Berdasar data EMC, total penjualan AC di 2011 sebesar 1,4 juta unit dengan senilai Rp 3,35 triliun. Jika, prediksi itu benar, maka penjualan AC hingga 2012 bisa mencapai 1,75 juta unit yang setara dengan Rp 4,18 triliun.

Melihat potensi ini, Fujitsu Air Conditioner gencar melempar produk ke pasar dengan melansir dua produk pendingin sekaligus yang menyasar segmen premium. Direktur Fujitsu General Asia Ichikawa bilang Fujitsu serius menggarap pasar Indonesia. Meski Indonesia masih belum menjadi pasar utama. "Kami yakin konsumen Indonesia bisa menerima produk Fujitsu," katanya sambil menyebut negara Australia dan benua Eropa adalah target pasar utama Fujitsu.

Presiden Direktur PT. Planet Electrindo Leman, distributor pendingin Fujitsu menargetkan kehadiran produk baru ini bisa menaikkan pangsa pasar AC Fujitsu menjadi 15%-20% tahun depan. Tahun ini pangsa pasar AC FujitsuĀ  sekitar 10%.

Sejauh ini pasar utama AC Fujitsu adalah kalangan korporasi, Seperti untuk perkantoran, hotel dan apartemen. "Yang terbaru, kami akan mengisi proyek Ciputra World dan Hotel Mulia di Bali," katanya sambil menyebut Fujitsu juga menyasar pasar ritel.

Leman yakin target bisnis pendingin yang dulu bermerek General ini bisa tercapai. Apalagi dengan adanya dukungan 500 diler dan 10 kantor cabang.

Tahun depan, Planet Electrindo berencana bakal membangun dua kantor cabang danĀ  tambahan 50 diler di daerah-daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×