kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbangan di Bandara Soetta buka sebagian saat corona, ini terminal yang beroperasi


Kamis, 18 Juni 2020 / 11:37 WIB
Penerbangan di Bandara Soetta buka sebagian saat corona, ini terminal yang beroperasi
ILUSTRASI. Petugas KKP Klas 1 Bandara Soetta melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang yang baru saja mendarat dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/6/2020). PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara mulai menjalankan s


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero), pengelola Bandara Soekarno Hatta menyebut layanan penerbangan hanya akan dibuka di sebagian terminal selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Pelayanan penerbangan tersedia di Terminal 2D, Terminal 2E, dan Terminal 3. Sementara itu, Terminal 1A, Terminal 1B, Terminal 1C, dan Terminal 2 F untuk sementara tidak dioperasikan.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan memiliki tiga pertimbangan dengan hanya membuka sebagian terminal untuk pelayanan penerbangan.

Baca Juga: Terdampak pandemi Covid-19, Angkasa Pura II tahan ekspansi dan pangkas belanja modal

Awaluddin menyebut, Angkasa Pura II menyesuaikan pola operasional di tengah pandemi agar lebih efektif. Perseroan menerapkan pola operasi minimum seiring dengan lalu lintas penerbangan yang ada.

Menurutnya, Saat ini, keseluruhan kapasitas terminal di Soekarno-Hatta baik terminal 1, 2 dan 3 dapat menampung hingga sekitar 45 juta penumpang per tahun.

"Kemudian, kami melakukan penyesuaian pola operasional agar Soekarno-Hatta dapat beroperasi secara efektif. Penyesuaian pola operasional dilakukan dengan menutup Terminal 1 dan Terminal 2F," jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Rabu (17/6).

Sementara itu Terminal 2D dan 2E serta Terminal 3 dinilai yang paling mampu mengakomodir arus penumpang dengan dinamika prosedur keberangkatan dan kedatangan di tengah pandemi. Seluruh penerbangan dioperasikan Terminal 2D & 2E serta Terminal 3 agar bisa siaga 24 jam.

Awaluddin menuturkan, penutupan Terminal 1 dan 2F bersifat sementara (temporer) dan sewaktu-waktu dapat dibuka kembali sesuai dengan perkembangan kondisi terkait pandemi Covid-19.

Kemudian, pertimbangan terakhir penutupan Terminal 1 dan 2F dilakukan dalam rangka percepatan program revitalisasi gedung terminal yang saat ini masih berlangsung di Terminal 1C dan Terminal 2F.

Baca Juga: Atur kapasitas di terminal bandara Soekarno-Hatta, AP II terapkan sistem teknologi

Saat ini maskapai yang beroperasi di Soekarno-Hatta di antaranya:

-Terminal 2D: Citilink, Sriwijaya, Airfast, Trigana Air, NAM Air, Express Air
-Terminal 2E: AirAsia Indonesia (akan beroperasi 19 Juni 2020), Batik Air dan Lion Air
- Terminal 3: Garuda Indonesia (domestik & internasional), Cathay Pacific, Ethiopian Airlines, All Nippon Airlines, Japan Airlines, Lion Air (internasional), Korean Air, Qatar Airways, Thai Lion, Singapore Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×