kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengerjaan tol Waskita Toll Road meleset target


Minggu, 26 November 2017 / 12:50 WIB
Pengerjaan tol Waskita Toll Road meleset target


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Toll Road sejatinya menargetkan beberapa ruas tol bisa selesai tahun ini. Namun menjelang akhir tahun, perusahaan ini belum berhasil mencapai target yang dibidik.

Direktur Utama Waskita Toll Road, Herwidiakto menyebut, pembebasan lahan sebagai salah satu faktor yang membuat pengerjaan jalan tol belum selesai sesuai dengan yang ditargetkan. "Jadi paralel antara pembebasan lahan dan konstruksi. Yang agak lama itu konsinyasi tanah wakaf, tanah kas desa, itu tidak terprediksi jadwalnya," ujar Herwidiakto, Jumat (17/11).

Beberapa ruas tol, seperti ruas tol Ngawi - Kertosono (NKJ) sejatinya tahun ini ditargetkan penggarapannya bisa mencapai 49,51 km dari total 87,02 km. Namun Herwidiakto menyebut, proses penggarapannya baru mencapai 20 km. Adapun total investasi untuk ruas tol ini senilai Rp 3,83 triliun dan ditargetkan bakal selesai pada tahun 2018.

Ruas tol lainnya adalah Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (JMKT) dengan total panjang mencapai 61,80 km. Pada tahun ini, proses pengerjaan ruas tol JMKT sebenarnya ditargetkan mencapai 41,60 km dan dijadwalkan selesai tahun depan. Namun begitu, menurut Herwidiakto realisasinya baru mencapai 35 km. Nilai investasi untuk ruas tol JMKT berkisar Rp 4,07 triliun.

Kendati begitu, ruas tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (KKDM) yang pembangunannya ditargetkan mencapai 8,28 km pada tahun ini berhasil tercapai. Total panjang ruas tol ini mencapai 21,04 km dengan nilai investasi sebesar Rp 7,23 triliun. Ruas tol KKDM ditargetkan rampung pada tahun 2020.

Perseroan ini juga menargetkan ruas tol Solo - Ngawi (SNJ) bisa selesai awal tahun depan dengan total panjang 90,10 km dan nilai investasi Rp 5,1 triliun. Namun realisasinya, proyek tersebut baru berjalan sepanjang 30 km hingga tahun ini. 

Anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini juga menargetkan ruas tol Pejagan - Pemalang (PPTR) bisa selesai untuk seksi III dan IV pada tahun ini. "Tapi yang tercapai baru di seksi III," kata Herwidiakto. Ruas tol PPTR memiliki panjang 57,5 km dengan nilai investasi Rp 6,8 triliun.

Sebagai gambaran, secara keseluruhan, total target ruas tol PT Waskita Toll Road secara minoritas memiliki panjang hingga 996,47 km dengan nilai investasi secara keseluruhan mencapai Rp 117,9 triliun. Perseroan ini mengandalkan sebagian pendanaan dari pinjaman bank. "Ya equity dari pinjaman induk Waskita dan perbankan," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×