kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penggunaan Teknologi Dinilai Jadi Bagian dari Transformasi Digital


Selasa, 06 Desember 2022 / 14:58 WIB
Penggunaan Teknologi Dinilai Jadi Bagian dari Transformasi Digital
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Jakarta, Rabu (15/6/2022). Penggunaan Teknologi Dinilai Jadi Bagian dari Transformasi Digital.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah turunnya tingkat penjualan bisnis sehingga produksi harus dikurangi. Akibat produksi yang menurun, sebagian besar bisnis harus melakukan pemutusan hubungan kerja atau merumahkan pekerjanya. 

CEO PT TapTalk Teknologi Ritchie Nathaniel mengatakan bahwa tuntutan produksi dan operasional perusahaan yang tetap harus berlanjut, membuat para pelaku bisnis lebih kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada. 

Salah satunya dengan menggunakan teknologi sebagai bagian dari transformasi digital. "Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terbukti telah mempermudah transisi di era pandemi,” ujar Ritchie dalam keterangannya, Selasa (6/12).

Ia memaparkan beberapa bentuk kemudahan yang diberikan oleh teknologi bagi bisnis.

Baca Juga: Begini Hasil Transformasi Holding BUMN Danareksa pada Tahun Ini

Pertama, memangkas berbagai pekerjaan operasional. Banyak teknologi yang memberi keuntungan dan dapat memudahkan operasional bisnis perusahaan.

Di antaranya seperti aplikasi pencatatan keuangan perusahaan, aplikasi absensi online yang merekam data absen karyawan secara otomatis, dan berbagai aplikasi lainnya yang memangkas proses operasional perusahaan. 

Kedua, mempermudah proses manajemen data. Teknologi membantu bisnis dalam mengarsip dokumen - dokumen penting dan mengubahnya ke dalam bentuk digital yang memiliki fleksibilitas lebih tinggi karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu. 

Ketiga, memperluas aktivitas bisnis. Teknologi juga digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memperluas area aktivitas bisnisnya, seperti memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk perusahaan selama 24 jam tanpa henti melalui media sosial. 

Keempat, mempermudah komunikasi. Selama pandemi berlangsung, perusahaan perlu mencari cara agar tetap bisa memonitor para karyawan yang bekerja dari rumah. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan oleh perusahaan adalah penggunaan tracking apps yang dilengkapi GPS. 

Baca Juga: Akhir Perayaan HUT ke-65 Astra Hadirkan Sosok-Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan

Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui dimana posisi karyawan secara real time. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×