Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Pertumbuhan pasar otomotif di semester satu menggembirakan para diler. Salah satunya Auto 2000. Pada semester satu tahun ini, Auto 2000 berhasil menjual 161.600 unit mobil Toyota.
Menurut Rahmat Samulo, Kepala Pemasaran Auto 2000, penjualan sebanyak itu menjadikan kontribusi Auto 2000 mencapai sekitar 80% dari total penjualan Toyota. Semester satu ini, PT Toyota Astra Motor ini mencatatkan hasil penjualan 202.000 unit.
Kata Rahmat, pencapaian penjualan tersebut tumbuh 31,9% dari penjualan di periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 122.500 unit.
Secara rinci, , penjualan Auto 2000 di Juni kemarin sekitar 29.800 unit atau naik 10,3% dari penjualan Mei 2012 yang sebesar 27.000 unit. Hasil penjualan Mei itu pun tumbuh 8% dari penjualan April 2012 yang sebesar 25.000 unit.
Untuk penjualan Juli ini, menurut Rahmat, bakal sama dengan penjualan Juni. Pasalnya, meski ada kenaikan permintaan menjelang Lebaran, namun keterbatasan pasokan membuat pertumbuhan penjualan tidak terlalu tinggi. Minimnya pasokan, boleh jadi malah akan membuat konsumen harus menunggu alias harus inden.
Wilayah Sumatera dan Kalimantan adalah area yang mencatat penjualan terbesar penjualan mobil oleh Auto 2000 pada semester I tahun ini. Walaupun tidak menyebutkan angka secara rinci, Rahmat bilang pertumbuhan produksi komoditas di Kalimantan dan Sumatera menjadi penyebab penjualan Toyota di kedua areal tersebut tumbuh paling besar.
Auto 2000 optimistis target penjualan sampai akhir tahun sebesar 273.000 unit atau tumbuh 11,4% dari total penjualan tahun lalu yang sebesar 245.000 unit akan tercapai. Apalagi, perusahaan sudah menggarkan dana Rp 850 miliar untuk membangun 22 diler tahun ini.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News